Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap, masyarakat memberikan ruang kepada penyelenggara menyelesaikan penghitungan suara pascapemilu 17 April 2019.

"Kasih ruang kepada mereka untuk bekerja menuntaskan perhitungan suara, mari kita tunggu sampai pengumuman KPU selesai," ujar dia di Manado, Sabtu.

Terkait dengan telah selesai pemilu di daerah itu, kata dia, pemerintah provinsi bersama dengan pemangku kepentingan terkait telah menyampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui "video conference".

"Kami sudah sampaikan mengenai situasi dan kondisi Sulut pascapemilihan legislatif dan pemilihan presiden tanggal 17 April. Penyelenggaraan pemilu di Sulut berlangsung aman, tenteram, dan damai," ujar dia.

Suasana kondusif itu, kata dia, memberikan ruang bagi penyelenggara pemilu melaksanakan rekapitulasi suara secara berjenjang.

"Semua kotak suara sudah berada di PPK, tinggal menunggu pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan, kita berikan ruang bagi mereka menyelesaikan semua tahapan," ujarnya.

Gubernur Dondokambey menyebutkan ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TSP) yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Hanya saja, lanjut dia, pelaksanaan PSU tersebut akan dirapatkan terlebih dahulu dengan Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu, walaupun hasilnya diperkirakan tidak akan berpengaruh secara signifikan.

"Saya berharap masyarakat kembali beraktivitas, kembali ke pekerjaan masing-masing karena pemilu sudah selesai sambil menunggu penghitungan suara selesai oleh KPU," ajaknya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024