Manado (ANTARA) - Pemungutan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diawali dengan ibadah syukur, agar pelaksanaan Pesta Demokrasi tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pelaksanaan pemilihan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga mendapatkan pemimpin yang memang diutus oleh Tuhan," kata Pendeta Pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Paulus Wasian Lolita Soplanit Huwae, saat membuka pemungutan suara di TPS Desa Wasian, Kakas Barat, dengan ibadah, Rabu.

Dia mengatakan semoga pesta demokrasi pemilihan pemimpin negara tahun ini bisa berjalan aman dan damai.

Ia menjelaskan para petugas KPPS lakukan kewajiban dengan baik yang berpedoman pada UUD 1945 dan terutama takut akan Tuhan.

Sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945, menyebutkan atas Rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur rakyat Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Artinya, katanya, kemerdekaan itu adalah karunia dari yang maha kuasa, serta hasil perjuangan yang didasari persatuan dan kesatuan bangsa.

Sehingga, katanya, untuk memulai segala sesuatu harus diawali dengan doa dan ucapan syukur pada Tuhan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 001 Desa Wasian Kakas Barat Stevira Parengkuan mengatakan semua anggota KPPS telah melalui berbagai seleksi dan pelatihan dan telah diambil sumpah, untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Parengkuan mengatakan pemungutan suara dilakukan mulai pukul 07:00 Wita dan akan ditutup pendaftaran pukul 13:00 Wita.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Steven Tumiwang mengatakan jumlah Pemilih di Desa Wasian Kakas Barat sebanyak 495 pemilih, dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 258 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 237 pemilih, dan dilakukan di dua TPS.

Hukum Tua Desa Wasian, Kecamatan Kakas Barat Marlein Komaling Lalamentik mengimbau kepada warga masyarakat agar datang melakukan pencoblosan di dua TPS yang telah disiapkan.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu tahun 2019 di Minahasa sebanyak 258.283 dengan perincian wajib pilih perempuan sebanyak 127.855, laki-laki 130.428, yang tersebar di 1.025 TPS.


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024