Manado (ANTARA) - Pemerintah melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo mengatakan pihaknya mempercepat pembangunan empat jembatan yang ada di segmen I proyek Tol Manado-Bitung.

"Di segmen satu sepanjang 14 kilometer ini ada delapan jembatan yang dibangun, empat di antaranya sudah selesai, tinggal empat lagi," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono di Manado, Sabtu.

Empat jembatan yang kontruksinya sudah selesai yaitu, jembatan Dinambunan Satu (237 meter), jembatan Dinambunan Dua (346 meter), jembatan Dinambunan Tiga (190 meter( serta jembatan lingkar Minahasa Utara 9361 meter).

Jembatan Dinambunan I, II dan III dibangun di ruas jalan utama, sementara satu jembatan lainnya pada akses jalan nasional.

Empat jembatan lainnya di ruas jalan utama yang masih sementara proses konstruksi bagian atas, lanjut dia, yaitu jembatan alur Tondano (200 meter), jembatan Sungai Tondano (400 meter), jembatan Kawangkoan (100 meter) serta jembatan Tembran (100 meter).

Selain jembatan, BPJN telah menyelesaikan overpass Kalawat Dua, Kawangkoan Dua, Sarongsong Dua, Sarongsong, Minawerot dan overpass Manado-Bitung.

Sementara overpass Kawangkoan Satu dan jalan akses Airmadiri sementara dalam proses pembangunan.

"Kita berharap bisa selesai sesuai target dan difungsikan pada Oktober 2019 mendatang," ujarnya.

Tol Manado-Bitung sepanjang 39, 9 kilometer dikerjakan menggunakan APBN dan pinjaman China (segmen satu sepanjang 14 kilometer) serta Badan Usaha Jalan Tol (segmen dua sepanjang 25 kilometer).
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024