Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) akan menjemput bola peserta di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam pengurusan klaim jaminan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado Tri Candra Kartika mengatakan, bagi peserta, pihaknya akan memberikan layanan khusus yakni pelayanan pick me up service atau program layanan jemput bola tersebut, bisa digunakan untuk pengurusan klaim.

"Nantinya petugas akan menjemput dan mendatangi langsung peserta untuk memberikan layanan pencairan klaim," kata Tri di Manado, Jumat.

Layanan ini, katanya, diberikan khusus kepada peserta yang berhalangan datang ke kantor cabang karena sakit, usia lanjut, atau alasan lainnya.

“Kami membantu peserta yang mengalami kecelakaan kerja ataupun ahli waris peserta yang tidak mampu datang ke kantor untuk pengurusan klaim jaminan kecelakaan kerja atau jaminan kematian dengan kami melakukan kunjungan langsung ke tempat yang bersangkutan untuk pengurusan klaim,” ujar Tri.

Adapun, program yang ditawarkan jakni Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Dia menjelaskan JKK akan memberikan Perlindungan atas risiko Kecelakaan Kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang, dan ditempat bekerja, serta perjalanan dinas.

JKM yakni uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

JHT yakni simpanan peserta yang dikembangkan oleh BPJSTK serta JP yakni peserta boleh mendapatkan dana pensiun setelah pensiun nanti.
 

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024