Manado (ANTARA) - Kepala Otban Wilayah 8 Sarmanto mencanangkan program padar karya pada sektor perhubungan udara di Bandara Kufar Pulau Seram Maluku.

Dia mengatakan kegiatan program padat karya pada sektor perhubungan udara ini merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui penciptaan lapangan kerja di sekitar pembangunan infrastruktur terutama pada sektor transportasi.

"Program padat karya ini merupakan solusi dalam memberikan tambahan penghasilan kepada warga desa sekitar sehingga daya beli dan kesejahteraan bisa meningkat," kata Sarmanto melalui siapan pers kepada Antara, Senin.
 
Atas arahan Presiden Republik Indonesia, mulai tahun 2018 pemerintah melakukan program padat karya di semua sektor kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah pada 100 kabupaten dan 1.000 desa di Indonesia dalam bentuk swakelola pemerintah, tugas pembantuan dan bantuan sosial.  Kepala Otban Wilayah 8 Sarmanto mencanangkan Program Padar Karya Pada Sektor Perhubungan Udara di Bandara Kufar Pulau Seram Maluku. (1)
Kementerian perhubungan juga mendukung pelaksanaan program padat karya di seluruh pembangunan infrastruktur transportasi, baik sektor udara, darat, laut maupun perkeretaapian.

"Saya berharap seluruh subsektor dapat merealisasikan instruksi presiden sehingga dukungan kementerian perhubungan dalam percepatan pengentasan kemiskinan dengan mengoptimalkan pemanfaatan pembangunan infrastruktur transportasi dapat terealisasi sama seperti saat ini yang dilaksanakan di Bandar Udara Cakrabhuwana-Cirebon," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ini merupakan contoh yang baik terkait pelaksanaan instruksi presiden tersebut.

Hingga tahun 2018 menurut data, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melaksanakan program padat karya di 153 bandara dengan anggaran Rp300 Miliar dan mampu menyerap sejumlah 11.982 orang tenaga kerja lokal.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada unit penyelenggara bandar udara Cakrabhuwana beserta jajaran dan masyarakat sekitar yang telah mendukung dan melaksanakan kegiatan program padat karya ini. Semoga program ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar Bandar Udara Cakrabhuwana," jelasnya.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024