Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen mengatakan, pemerintah daerah terus memperkuat sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di jajarannya.

"Kualitas dan kapasitas kelembagaan dilakukan melalui peningkatan disiplin dan sertifikasi ASN melalui badan pendidikan dan dan pelatihan dalam bidang kajian, penelitian, serta orasi ilmiah kediklatan," kata Silangen pada apel korpri di Manado, Senin.

Tak hanya itu, pemerintah daerah menyelenggarakan diklat penjenjangan dan diklat khusus yang didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana kediklatan.

"Kami memberikan apresiasi anggota korpri yang masih tetap setia melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, menjalankan roda pemerintahan serta mendukung gerak langkah pembangunan daerah ini," ujarnya.

Silangen mengatakan, pada saat peringatan ulang tahun Korpri ke-47 beberapa waktu lalu Presiden RI Ir Joko Widodo menyampaikan, di tahun 2019 pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia.

Hal itu dilakukan untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat di mana kwalitas sumber daya manusia di pemerintahan dan swasta harus selalu ditingkatkan agar mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dunia teknologi yang sedang berubah cepat.

"Pemerintah provinsi terus berupaya memperkuat diri menjadi agen transformasi dan penguatan sumber daya manusia serta menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa," ujarnya.

Silangen mengajak, momentum apel korpri saat ini akan memantapkan peran anggota ASN memberikan dukungan terhadap upaya transformasi kualitas sumber daya manusia di daerah sehingga memberikan hasil positif bagi pembangunan. 

Ke depannya, harap dia, ASN mampu menunjukkan kwalitas kinerja yang baik, beretika, jujur, berintegrasi, menghormati dan taat hukum, berdisiplin dan bekerja keras. 

"ASN sebagai anggota korpri harus mampu menjadi pelopor dan suri teladan di mata publik agar reformasi birokrasi dan pelayanan prima terwujud sebagaimana yang diharapkan masyarakat," harap mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup era Gubernur Sinyo H Sarundajang itu.***3***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024