Manado (ANTARA) - Dinas pendidikan kota Manado, menyatakan sebanyak 7.968 siswa SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Manado siap mengikuti ujian sekolah berstandar  nasional (USBN) mulai 25 Maret. 

"USBN akan dilaksanakan selama lima hari, mulai dari Senin 25 Maret sampai Jumat 29 Maret dengan lokasi di semua SMP negeri dan swasta di Manado," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Manado, Drs. Jongke Mogontha, MPd, di Manado. 

Dia mengatakan, siswa yang akan ikut USBN tersebut terbagi atas 4.015 laki-laki dan 3.953 orang perempuan, yang berasal dari 102 SMP/MTs  baik negeri maupun swasta di Manado. 

Secara rinci, Mogontha mengatakan, untuk SMP negeri ada 14 sekolah, swasta 77 sekolah, kemudian 1 MTs negeri dan 10 swasta di 11 kecamatan di Kota Manado. 

"Untuk 14 SMP negeri siswa yang ikut ujian sebanyak 3.690 siswa, kemudian swasta 3.755 siswa, MTs negeri 229 siswa dan swasta sebanyak 294 siswa dimana semuanya dipastikan ikut," katanya. 

Dia mengatakan, untuk memastikan kesiapan seluruh sekolah dan siswa, pemerintah melalui dinas pendidikan sudah melakukan sosialisasi untuk mengingatkan lembaga pendidikan agar benar-benar siap. 

Sebab menurutnya, pemerintah sangat mengharapkan hasil terbaik bagi para siswa juga siap lahir dna batin saat mengikuti ujian dan tidak mengalami kendala dalam hal apapun. 

Mengenai jadwal, dia merinci, pada Senin 25 Maret adalah Bahasa Indonesia dan PAK, Selasa adalah matematika dan PPKN, Rabu mata pelajaran bahasa Inggris dan PJOK, kamis untuk IPA dan SBK lalu Jumat waktunya ujian IPS dan prakarya. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024