Manado (ANTARA) - Menyambut HUT yang ke-3 tepatnya pada 01 April 2019 mendatang, hotel ibis Manado menyelenggarakan “ Cooking Competition” pada Kamis, 28 Februari 2019 di area halaman parkir ibis Manado. 

Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 18 Februari 2019, pekan lalu, juga terbuka untuk siapa saja yang ingin mengikuti serta menerima tantangan untuk memenangkan total hadiah 3 juta rupiah, voucher menginap, dan voucher makan malam di ibis Manado City Center Boulevard. 

Pendaftaran pun telah ditutup sejak tanggal 25 Februari 2019 dan akhirnya kompetisi ini diikuti oleh 20 peserta dari hotel, sekolah dan restoran se-Kota Manado, bahkan ada juga yang pribadi. 

Kompetisi ini dibuka oleh Bapak Afif Khairi, selaku General Manager ibis Manado City Center Boulevard (IMCCB). Dan mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dia mengatakan besar harapan kegiatan ini dapat memperat tali silaturahmi sesama hotel, restoran, sekolah, masyarakat serta chef yang ada di Kota Manado. 

Semoga dengan acara ini, dapat mengembangkan kemampuan para chef maupun peserta yang hobi masak agar memiliki kreasi, inovasi memasak yang lebih bagus dan dapat mengembangkan potensi yang kreatif.

Cooking Competition yang dilakukan oleh ibis Manado ini menarik karena kompetisi ini merupakan kompetisi pertama yang dilakukan ibis Manado, ungkap Executive Sous Chef IMCCB, Arther Kalendesang selaku ketua pelaksana. 

Selain itu, kompetisi ini menjadi agenda pertama dalam serangkaian acara memperingati ulang tahun ke – 3 ibis Manado nanti.

Ia juga menambahkan bahwa cooking competition ini sangat ramai, bahkan wisatawan yang nginap di ibis Manado, juga ikut nonton keseruan lomba ini. 

Arther juga mengatakan bahwa konsep cooking competition ini berbeda dari ajang kompetisi yang sudah pernah dilakukan, peserta hanya wajib membawa peralatan memasak sendiri, dan ibis Manado yang menyiapkan sayur, bumbu, serta bahan utama dalam kompetisi ini. 

“Jadi para peserta tidak tahu menu apa yang harus mereka sajikan. Secara spontan peserta harus memilih bahan-bahan mereka sendiri, dan menciptakan menu makanan yang kreatif dan inovatif”. 

Pihaknya juga memilih bahan utamanya yaitu ikan lemadang (mahi-mahi), dimana ikan ini adalah ikan yang baik untuk kesehatan karena kaya akan mineral dan vitamin, selain itu ikan ini juga sudah jarang diminati oleh para kalangan masyarakat.

"Untuk itu, kali ini kami memilih ikan ini yang menjadi bahan utama, sekaligus mengangkat kembali bahwa jenis ikan ini ternyata memiliki kualitas, kandungan gizi, dan bisa dimasak dalam berbagai teknik," katanya.

Jenifer Hartoyo, Marcom Executive IMCCB, mengatakan bahwa sebenarnya masih banyak peserta yang ingin ikut acara ini tapi kita hanya membatasi untuk 20 peserta saja. 

Diantara para peserta tersebut, ada 4 peserta yang ikut secara individual, 7 peserta mewakili hotel dan resort di Manado, 4 peserta mewakili restoran dan café di Manado, dan 5 peserta mewakili sekolah menengah kejuruan (SMK). 

Para peserta diberikan kesempatan untuk memilih bahan-bahan dalam waktu 10 menit. Dan harus selesai memasak hingga menuliskan recipe (resep makanan) dalam waktu satu jam. 

Juri dalam kegiatan ini diantaranya Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Daerah Sulawesi Utara yang diwakili oleh Jeanli Wangke, Executive Chef Sutan Raja Manado; Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI), yang diwakili oleh Rommy Octaviano; dan Executive Sous Chef Ibis Manado City Center Boulevard, Arther Kalendesang. 

Kategori penilaian di mulai dari cita rasa makanan, presentasi makanan, tingkat kematangan, ketepatan pemilihan bahan, dan tentunya kebersihan untuk makanan serta area memasak.

Di selang acara, MC kondang IMCCB, Junus Lala, mengundang para undangan serta para tamu yang ikut menonton acara ini untuk melakukan selfie selama kegiatan acara, dan yang menang mendapatkan voucher menginap di ibis Manado. 

Di penghujung acara, semua peserta foto bersama dan mendapatkan sertifikat atas keikutsertaan dalam kegiatan ini.

Ibis Manado City Center Boulevard mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini. Dan mengucapkan selamat kepada para pemenang, untuk Juara 1, Brian Kumaunang dari Manado Beach Walk dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai 1.500.000 + 1 Voucher Menginap di ibis Manado;

Juara 2, Bryan Tonggengbio dari Mercure Manado yang mendapatkan hadiah berupa Uang Tunai 1.000.000 + 1 voucher menginap di ibis Manado;

Dan Juara Junior Favorit, Riska Putri dari SMK N 1 Airmadidi yang mendapatkan hadiah Uang Tunai 500.000 + 1 voucher barbeque dinner di ibis Manado.

"Semoga Kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya," katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024