Manado (ANTARA) - Rumah Pangan Kita (RPK) dari Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) mampu mengendalikan angka inflasi di Kota Manado.
    
"Kami menilai jika RPK hadir di semua desa dan kelurahan di Sulut, akan mampu mengendalikan angka inflasi," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Sopran Kenedi di Manado, Senin.
    
Kenedi mengatakan karena jika RPK hadir di semua kelurahan dengan menjual sejumlah kebutuhan bahan makanan yang lebih murah dari pasaran, otomatis akan berdampak pada angka inflasi.
    
Karena, katanya, Bulog menjual beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, telur dengan harga lebih murah.
    
Dia menjelaskan saat ini di BUlog Divre Sulut dan Gorontalo sudah terdapat 1.600 RPK dan yang paling banyak berada di Sulut.
    
"Kami menargetkan untuk tahun ini, ada 2.000 RPK di SulutGo," katanya.
    
Rumah Pangan Kita (RPK) yang diinisiasi Badan Urusan Logistik diharapkan bisa berperan dalam penstabilan harga, menjual berbagai komoditas yang dimiliki Bulog, RPK akan mendekatkan berbagai kebutuhan pada masyarakat.
    
"RPK ini bisa menjual semua komoditi yang dimiliki Bulog, menjadi perpanjangan tangan hingga ke konsumen," katanya.
    
Dia menjelaskan RPK merupakan program kemitraan Bulog dengan masyarakat. Dengan semakin beragamnya komoditas yang dijual Bulog selain beras, RPK akan menjual secara eceran dengan harga yang sudah ditetapkan. 
    
"Mereka tidak bisa menjual lebih tinggi sehingga harga ditingkat konsumen akan sama," jelasnya. 
    
Saat ini Bulog membuka peluang bagi masyarakat untuk memiliki RPK karena bisa dimanfaatkan siapapun. 
    
RPK ini sangat dianjurkan bagi masyarakat yang berada di pemukiman sehingga warga sekitar bisa dengan mudah dapatkan barang yang dibutuhkan.
    
Warga yang memiliki garasi atau ruang kosong di rumah mereka bisa membuka RPK. Pasalnya tidak dibutuhkan syarat khusus, dengan RPK seolah memiliki toko sendiri tapi dengan barang yang didroping oleh Bulog.***1***
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024