Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara mulai banyak melibatkan peran kaum perempuan.

      "Beberapa Kube yang kami pantau memang keterlibatan perempuan semakin banyak," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Marie Makalow di Ratahan, Jumat.

     Dia menuturkan, perempuan di Minahasa Tenggara mulai lebih aktif untuk terlibat dalam berbagai kegiatan usaha termasuk dalam Kube.

      "Kelompok perempuan dalam satu lingkungan mulai mengembangkan berbagai usaha, yang tujuannya untuk membantu peningkatan ekonomi keluarga," ujarnya.

     Lebih lanjut diungkapkannya, pemerintah melalui sejumlah instansi teknis terkait memberikan perhatian dalam.peningkatan usaha dari Kube.

      "Dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan, Pemkab melalui instansi terkait memberikan bantuan, baik itu dalam permodalan maupun peralatan," tandasnya.

     Sementara itu Jein Pelleng pengurus Kube Monunga mengatakan kelompok usaha banyak beranggotakan perempuan.

      "Kelompok kami memang beranggotakan para perempuan, dengan bidang usaha kreatif kerajinan tangan," katanya.

     Jein menambahkan keterlibatan para perempuan yang di Kube tersebut tak hanya mengisi waktu lowong melainkan menambah penghasilan rumah tangga.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024