Minahasa Tenggara, 6/1 (Antaranews Sulut) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara menseriusi gerakan masyarakat sehat (Germas) di tahun 2019 dengan lebih memaksimalkan peran Puskesmas.
     "Kami melalui Puskesmas yang ada di seluruh kecamatan mulai lebih giat sosialisasikan Germas, Apalagi kami sudah menjadi salah satu kabupaten sehat. Tahun ini program Termasuk ini akan lebih kami galakan," kata Kepala Dinkes Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan.
      Salah satu upaya yang terus dilakukan oleh pihak Puskemas, dengan lebih giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal Germas.
       "Sosilisasi tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman dan ajakan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.
       Ia menjelaskan, program tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melakukan penguatan pembangunan kesehatan yang mengutamakan promotif-preventif.
       "Dengan program ini secara langsung akan berdampak pada penurunan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan," jelasnya.
       Ia menambahkan, beberapa hal yang menjadi bahan sosialisasi dari pihaknya antara lain perilaku hidup sehat masyarakat.
        "Kami mengajak masyarakat melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayuran atau buah, tidak merokok dan minum minuman keras, serta rutin membersihkan lingkungan," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024