Manado, (Antaranews Sulut) - Asuransi Astra menargetkan kaum milenial di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam memperkenalkan Happyone.id.

Upaya Asuransi Astra untuk dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan terus berlanjut melalui berbagai pengembangan produk dan layanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Asuransi Astra Manado memperkenalkan produk berbasis digital terbarunya, Happyone.id. Penjelasan Happyone.id dilakukan oleh Branch Manager Asuransi Astra Manado, Ardiles Jeremia Sitorus bersama tim Asuransi Astra Cabang Manado di Lion Hotel Manado.

"Kita semua tahu bahwa dunia digital sudah semakin erat dengan kehidupan masyarakat. Sebagai pebisnis, kami harus adaptif dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari," jelas Ardiles. 

Menurutnya, digitalisasi harus memberikan kemudahan dan kecepatan bagi konsumen. Di kubu mereka pun, digitalisasi digunakan untuk optimalisasi proses bisnis internal dan memberikan value added bagi konsumen berbasis pada pemberian pengalaman.

Hal itu sangat diperhatikan untuk membesarkan pasar asuransi di Tanah Air yang penuh dengan tantangan. 

"Bayangkan saja, tingkat literasi keuangan di Indonesia hanya 29,7 persen dari total penduduk dengan 15,8 persen literasi soal produk asuransi. Di sisi lain, dari 67,8 persen masyarakat Indonesia yang telah terpapar produk keuangan, baru 12,08 persen yang berasuransi. Ini tugas bersama para pelaku industri," ujar Ardiles. 

Untuk mendorong angka itu, Indonesia yang kaya dengan profil anak muda menjadi peluang yang besar bagi pemain. Masyarakat di kisaran umur 15 sampai 49 tahun pun menjadi pasar sasaran dari perusahaan asuransi. Namun, satu hal yang harus dicatat, mereka sangat melek internet. 

Mengusung tagline My All in One Insurance, Happyone.id memiliki beberapa produk asuransi dengan manfaat berbeda yang pembeliannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

"Produk ini kami hadirkan untuk menjawab kondisi konsumen saat ini, khususnya milenial. Mereka sangat erat dengan dunia digital dan layanan yang menawarkan kemudahan, ujar pria yang gemar futsal ini.

Happyone.id dapat diakses secara fleksibel melalui situs web. Konsumen pun hanya membutuhkan satu id atau one id sebagai akses semua produk, mulai dari pembelian hingga cek status dan riwayat polis. Adapun keempat produk yang ada dalam Happyone.id adalah HappyMe, HappyEdu, HappyHome, dan HappyTrip. 

HappyMe merupakan perlindungan risiko kecelakaan diri dengan manfaat utama berupa santun an meninggal atau cacat, yang nilai preminya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu HappyEdu adalah perlindungan pendidikan bagi anak apabila tertanggung utama, dalam hal ini orang tua, meninggal dunia karena kecelakaan. Sama seperti HappyMe, nilai premi HappyEdu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Sementara, HappyHome merupakan perlindungan rumah dari risiko kebakaran, kerusuhan, hingga santunan pembelian perabot kembali akibat kebakaran. Dan, HappyTrip, asuransi perjalanan baik untuk wilayah domestik maupun internasional.

Tak hanya sederhana, mudah, dan cepat; dengan Happyone.id, kini pelanggan dapat memiliki perlindungan mulai dari Rp399 ribu, tidak perlu lagi khawatir dengan perlindungan diri, rumah jadi semakin nyaman, liburan pun makin tenang. Harga perlindungan yang terjangkau ini bisa didapat mulai hari ini juga.

Peluncuran Happyone.id juga ditujukan sebagai salah satu wujud dukungan Asuransi Astra terhadap strategi keuangan inklusif yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di mana akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan.

Menurut Ardiles, Happyone.id merupakan wujud dari komitmen Asuransi Astra untuk senantiasa cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan kebutuhan terkini pelanggan melalui berbagai pengembangan baik produk maupun layanan.

“Setiap sebelum merumuskan inovasi terbaru, kami selalu mempelajari kebutuhan pelanggan dengan sangat detail, karena kami ingin inovasi yang kami luncurkan bukan sebatas mengikuti perkembangan zaman, tapi benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan ekspetasi pelanggan,” ujarnya.

"Bisnis kami saat ini 50% ditopang oleh sektor otomotif, 30% sektor komersial, dan 15% dari sektor kesehatan. Kami tidak bisa terus menerus bersandar ke otomotif yang saat ini pertumbuhannya hanya single digit. Kabar baiknya, ketika dollar menguat dan kondisi ekonomi memengaruhi pasar otomotif, performa pasar komersial seperti batu bara cukup bagus. Bisnis kami bersama United Tractor (UT) pun meningkat, ujar Ardiles.

Meski begitu, kita harus membangun sumber pendapatan baru. Karenanya, Asuransi Astra pun terus memperluas jalur distribusinya dalam dunia digital. 

"Kontribusi asuransi dari dunia digital memang belum seberapa. Tapi saya yakin ini akan menjadi masa depan dan berkontribusi besar terhadap bisnis kami. Sekaligus, memperkuat bisnis konvensional yang saat ini bisa dikatakan kami tengah menjadi market leader di bisnis asuransi kendaraan," tutup Ardiles.

 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024