Manado, 14/12 (ANTARA News) - Pemerintah menjamin stok dan harga bahan pokok (bapok) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan tetap terkendali jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal dan tahun baru di daerah tersebut.

"Kementerian Perdagangan berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok menghadapi HBKN," kata Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar Sutriono Edi di Manado, Kamis.

Sutriono mengatakan untuk itu, Kemendag bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi-instansi terkait untuk memastikan harga dan pasokan terjaga dengan baik.

Pemerintah siap menyambut datangnya Natal dan Tahun Baru, serta menjamin ketersediaan pasokan bahan pokok di seluruh wilayah di Indonesia," katanya.

"Untuk itu, tidak perlu ada kekhawatiran dari masyarakat,? ungkap Sutriono.

Sutriono mengungkapkan, terdapat empat langkah strategis yang telah disiapkan Kemendag dalam menyambut HBKN tahun ini.

Pertama, melalui penerapan Permendag terkait, yaitu pendaftaran pelaku usaha bapok (Permendag 20/2017), Harga Eceran Tertinggi (HET) beras (Permendag 57/2017), dan harga acuan di konsumen (Permendag 96/2018).

"Kami akan terus memperkuat regulasi perdagangan dan memastikan seluruh Permendag dapat diimplementasikan oleh para pemangku kepentingan," ujarnya.

Kedua, melalui penatalaksanaan, salah satunya dengan melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan pelaku usaha. Selain itu melalui fasilitasi pelaku usaha dan penugasan Bulog.

Ketiga, melalui pemantauan dan pengawasan yang akan dilakukan Eselon I Kemendag bersama dengan Satgas Pangan di seluruh daerah pantauan utama.

Langkah ini untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga, termasuk menjamin pendistribusian bapok.

Terakhir, katanya, melalui upaya penetrasi pasar yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, Bulog Divre setempat, dan pelaku usaha distribusi barang di daerah pantauan.

Hal ini untuk memastikan pasokan ke pasar tersedia dalam jumlah cukup hingga menjelang Natal dan Tahun Baru.

 Sutriono juga mengimbau pelaku usaha untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi.?

Untuk itu, pemerintah pusat dan daerah akan meningkatkan pengawasan secara terpadu dan bila diperlukan bekerja sama dengan aparat keamanan,? tandasnya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024