Manado (Antaranews Sulut) - Wakil Wali kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, SE, menyatakan, pemerintah kota melakukan beberapa langkah antisipasi inflasi serta penimbunan kebutuhan pokok menyambut hari raya Natal 2018.

"Dalam rangka menyambut hari raya keagamaan pemerintah dalam hal ini tim ekonomi, sudah mengagendakan pemeriksaan langsung ke pedagang ke pasar-pasar tradisional termasuk modern seperti supermarket dan lainnya untuk memastikan harga stabil," kata Mor, sapaan akrabnya, di Manado.

Sebab menurutnya dengan melakukan pemeriksaan pemerintah bisa ikut memantau harga-harga kebutuhan pokok, jangan sampai ada yang naik terlalu tinggi sehingga akan berpengaruh pada inflasi.

Dia menambahkan tim ekonomi juga akan memeriksa ke gudang-gudang distributor untuk memastikan tidak ada penimbunan kebutuhan pokok, dan jangan ada aksi ambil untung di tingkatan distributor.

Dia menambahkan tim ekonomi pemerintah juga memeriksa untuk memastikan apakah bahan pokok yang dijual itu memenuhi standar kesehatan atau tidak, agar tidak membahayakan masyarakat.

"Apakah kebutuhan pokok yang dijual itu layak konsums atau tidak, jika memang tak layak harus dikembalikan ke pabrik atau dimusnahkan," katanya.

Selain tim dari dinas perindustrian dan perdagangan pun ikut melakukan pemeriksaan secara mandiri ke semua pasar termasuk supermarket sehingga bisa memastikan harga dan kelayakan konsumsi.

"Itu sudah mulai dilakukan dan akan tetap dilaksanakan, untuk menjaga tingkat inflasi sekaligus memastikan kebutuhan pokok yang dijual itu layak konsumsi," katanya.


Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024