Manado, 26/11 (ANTARA News) - Desa Talawaan Kecamatan Talawaan Kabuaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dicanangkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

"Hal ini dilakukan guna mendekatkan diri kepada masyarakat apalagi tenaga kerja," kata Kepala BPJS-TK Tri Candra Kartika melalui Kepala Bidang Pemasaran Adi Safa di Manado, Senin.

Dia menjelaskan tujuan pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial pada mereka.
  Desa Talawaan dicanangkan sebagai Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. (1)
Selain itu, lanjutnya, peserta dapat memahami program BPJS Ketenagakerjaan yang lebih lengkap dan paripurna dalam menghadapi risiko sosial yang dapat menimpanya.

Bukan hanya mendaftar dan membayar tetapi pahami dahulu program-program BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

 Program Desa Sadar Jaminan Sosial tersebut, lanjutnya, bukan merupakan program BPJS Ketenagakerjaan tetapi program pemerintah, agar semua rakyat dilindungi oleh jaminan sosial.

"Melalui program tersebut pamong desa dapat mengingatkan masyarakatnya akan pentingnya jaminan sosial," jelasnya.
  Desa Talawaan dicanangkan sebagai Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. (1)
Bupati Minahasa Utara, Vonnie Panambunan yang diwakili sekretaris daerah Jimmy Kuhu mengaku, sangat senang karena di Sulut terpilih tiga desa sadar satu di antaranya Desa Talawaan.

"Dalam pelaksanaan nanti harus lewat perencanaan yang baik, agar peroleh hasil yang baik," kata sekda.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama majukan daerah sehingga semakin baik.

Pesan sekda untuk berikan edukasi mengenai program ini jaminan sosial Ketenagakerjaan, karena sangat bermanfaat.

"Program ini dijamin sangat membantu masyarakat," katanya.
  Desa Talawaan dicanangkan sebagai Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. (1)
 Desa Talawaan sudah memenuhi ketentuan seperti melihat potensi daerah desa, di Talawaan sangat produktif di bidang pertanian. Kemudian syarat lainnya ada objek wisata dan kriteria lainnya.

Untuk desa sadar jaminan sosial Ketenagakerjaan diberikan bantuan fasilitas umum, untuk pemerintah desa.

Seperti yang dilakukan di Desa Talawaan BPJS Ketenagakerjaan bibit pohon Duku atau Langsa dan bantu pembuatan tugu nama lapangan.

Melalui momentum peresmian dan pencanangan BPJS Ketenagakerjaan bersama pemerintah kabupaten dan desa setempat melakukan, penandatanganan prasasti, penyerahan memorandum of understanding, penyerahan sertifikat dan kartu peserta.
  Desa Talawaan dicanangkan sebagai Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. (1)  
Hukum Tua Christian Charles Umboh menambahkan, di Desa Talawaan Kecamatan Talawaan ada 45 perangkat Desa, BPD 11 dan kepala jaga 12 orang sudah masuk dalam jaminan sosial Ketenagakerjaan. 

 "Berharap semua tenaga kerja bukan penerima upah baik petani, nelayan, ojek dan sebagainya bisa dilindungi melalui BPJS ketenagakerjaan," jelasnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024