Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Transplantasi karang yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara di Pantai Lumintang Kecamatan Pusomaen menunjukkan keberhasilan.

    "Transplantasi yang kami lakukan sejak 2017 lalu di Pantai Lumintang sudah menunjukkan keberhasilan," kata Kepala DKP Minahasa Tenggara Vecky Monigir di Ratahan, Kamis.

    Ia mengungkapkan, dari monitoring pemantauan yang dilakukan tim penyelam DKP menunjukkan pertumbuhan karang lebih dari 90 %.

    "Luasan yg ditransplantasi pada tahun lalu 30x30 meter, dan hasil pantauan tim penyelam DKP, pertumbuhannya cukup baik, dan sekarang sudah jadi tempat berlindung ikan-ikan," ujarnya.

     Sementara itu Kepala Kelembagaan dan Konservasi Chenny Kartiawan mengatakan, manfaat jangka panjang dari transplantasi terumbu karang ini, selain untuk pemulihan terumbu karang yang rusak serta perluasan areal terumbu karang, dapat membawa dampak yang baik pengembangan pariwisata. 

    "Ke depan jika terumbu karang di Pantai Lumintang bisa bertumbuh dengan baik bahkan luasannya lebih besar, bukan tidak mungkin nanti banyak turis asing yang akan datang dan diving di Pantai Lumintang. Tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang gemar diving," ujarnya.

    Dia menambahkan agar masyarakat yang ada sekitar kawasan Pantai Lumintang agar menjaga kebersihan lingkungan, dan biota laut di daerah tersebut.

     "Paling penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak merusak terumbu karang serta biota lautnya di sekitar Pantai Lumintang," tandasnya.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024