Sitaro, (Antaranews Sulut) - Menjelang hari raya Natal 2018, harga sejumlah barang kebutuhan pokok, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai mengalami kenaikan. 

Hal tersebut diakui oleh Kepala dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sitaro, Dra. Fatmawati Kalebos, saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional Ondong, di Siau Barat. 

"Memang ada kenaikan dan itu masih bervariasi, karena memang sudah menjelang Natal dan Tahun Baru, dimana kebutuhan meningkat, jadi kami terus melakukan pemantauan," katanya. 

Dia mengatakan, kenaikan tersebut masih lumrah terjadi menjelang akhir tahun menghadapi momen Perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Ada kenaikan namun bervariasi sekitar 10-20 persen, kami memantau untuk supaya jangan ada lonjakan harga terlalu dan permainan nakal pedagang," katanya. 

Sementara salah satu pedagang bernama Ruslan, mengatakan itu terjadi karena beberapa faktor pendorong, dan tak bisa dihindari. 

Dia mengatakan, harga tomat yang sebelumnya Rp10 ribu per kg, naik karena di tingkat distributor juga naik, Pada musim hujan seperti saat ini, harga tomat memang cenderung naik. 

Selain harga tomat, harga cabe rawit merah juga terpantau ikut mengalami kenaikan, dari sebelumnya di jual pada kisaran Rp 50 ribu per kg, naik menjadi Rp60-70 ribu per kg. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B/Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024