Manado, 17/11 (Antaranews Sulut) - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pameran inovasi teknologi kelapa di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pameran ini melibatkan banyak perusahaan, petani, instansi terkait dalam memamerkan produk inovatif dari kelapa dan turunannya," kata Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr Andi Amran Sulaiman melalui Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian  Prof Dr M Syakir di Manado.

Dia mengatakan pameran ini masih dalam rangkaian Konferensi Nasional Kelapa IX (KNK IX) & International Coconut Conference and Expo yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 November 2018 bertempat di Hotel Peninsula, Manado dan Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Manado.

Pameran yang diikuti oleh peserta dari dalam maupun luar negeri, yaitu PT. Unilever, PT. Global Coconut, PT Royal Coconut, PT Dimembe Nyiur Agripro, dan Unit Kerja lingkup Balitbangtan, Kementerian Pertanian, kemudian diikuti dengan Bimbingan Teknis (BIMTEK), dan lomba produk inovatif.

Point utama expo kelapa ini, yaitu untuk diseminasi inovasi teknologi kelapa, antara lain pengolahan kelapa terpadu, penyadapan dan pengolahan gula kelapa, pemanfaatan lahan di antara kelapa, koleksi plasma nutfah dan hibridisasi kelapa serta laboratorium. 

Peserta dan pengunjung diajak menikmati suasana berada di kebun kelapa untuk mendekatkan dan membuat semua peserta KNK IX & Expo berbaur dan saling berinteraksi.

 "Kegiatan ini diharapkan akan menjadi daya ungkit potensial bagi kebangkitan komoditi kelapa nasional," jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari dalam maupun luar negeri, meliputi International Coconut Community (ICC), Filipina, Australia, Vietnam, para pelaku bisnis/industri hilir sektor perkebunan, petani, LSM, asosiasi kelapa, perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah, peneliti, mahasiswa, akademisi, media pers, dan masyarakat pemerhati kelapa.***3***

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024