Manado, (Antaranews Sulut) - Jendela Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Utara melakukan edukasi tentang pemasaran digital kepada pelaku usaha di Ternate, Maluku Utara.

"Kami melakukan edukasi ini karena melihat potensi pasar digital sangat menjanjikan dan sudah menjadi kebutuhan zaman," kata Founder Jendela UMKM Sulut Wahyudi Mokoagow di Manado, Rabu.

Dia mengatakan pemanfaatan potensi pengguna media sosial, optimalisasi branding baik melalui media sosial sangat penting.

Dia juga memberikan trik menggunakan telepon genggam untuk memaksimalkan foto produk sebagai sarana pemasaran di media sosial dan market place bagi UMKM Maluku Utara.

"Jendela UMKM memfasilitasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya, serta penguatan marketingnya," jelasnya. 

Istimewanya jendelaumkm.com memperkenalkan sistem mentoring, sehingga pelaku UMKM langsung belajar dari pelaku UMKM yang sukses sehingga edukasi dan sosialisasi dalam kegiatan yang diinisiasi oleh KKP Pratama Ternate ini merupakan upaya KKP menjangkau wajib pajak melalui pendekatan end to end (langsung) memberikan pengetahuan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM.

"Guna mendorong pencapaian penerimaan negara yang optimal, KKP Pratama Ternate mendorong kapasitas masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk dapat berkembang secara mandiri, dan tentu saja kami menghadirkan pelaku UMKM Digital yang kompetan dan sesuai dengan kondisi kekinian," kata Kepala KKP Pratama Ternate Irawan.

Kegiatan yang mendapat dukungan dari beberapa Bank BUMN yakni BRI, BNI dan Mandiri juga menghadirkan narasumber Dr Muhammad Amin (Auditor Halal) LPPOM MUI juga memberikan sosialisasi terkait dengan apa itu sertifikat/Label halal dan tata cara permohonan penerbitan sertifikat halal untuk pengembangan usaha para pelaku UMKM Maluku Utara.

Kepala Perwakilan BI Ternate Dwi Tugas Waluyanto mengatakan melalui kegiatan ini, usaha UMKM di Maluku Utara khususnya di Ternate bisa lebih terdorong untuk maju dan mampu bersaing dengan para pelaku UMKM di daerah lain.

KPP Pratama Ternate mengajak Jendela UMKM Indonesia dan LPPOM MUI membangun UMKM Maluku Utara melalui Kegiatan "Business Development Services" dalam kegiatan Business Development Services.





(T.KR-JRL/B/N002/C/N002) 14-11-2018 14:07:15

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024