Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meluncurkan aplikasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)-elektronik untuk memudahkan penyusunan pelaporan.
    "Pemerintah provinsi terus mendorong pemangku kepentingan penyusun LPPD agar memiliki keseragaman visi, pemahaman, persepsi serta kapasitas dalam proses penyusunan laporannya," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edison Humiang di Manado, Rabu.
    Penggunaan e-LPPD, kata Humiang relevan dengan kebutuhan dan kondisi perkembangan diera digital. 
    "Kami berharap program terobosan ini mulai diterapkan dalam penyusunan LPPD di tahun mendatang karena target kita jelas yakni meraih kembali pestasi dengan kinerja terbaik," ujarnya.
    Selanjutnya, Kepala Bagian Aparatur Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rollies R Rondonuwu AP mengatakan, peluncuran aplikasi ini untuk meningkatkan kualitas LPPD di lingkup Pemprov Sulut. 
    Selain itu, memudahkan penyusunan LPPD dengan memanfaatkan teknologi digital.
    Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong sebagai penggagas inovasi e-LPPD mengatakan, pengembangan sistem ini selangkah lebih maju dibanding dengan daerah lainnya.
    "Provinsi lain belum ada sistim yang sama, mungkin juga karena pemerintah pusat sampai saat ini masih mengarahkan daerah untuk menyusun LPPD secara manual dengan menggunakan pola lama," katanya.  
    E-LPPD yang digagas ini, lanjut dia, selain meringkaskan waktu penyusunan, juga mampu mengurangi deviasi dalam penyusunan LPPD yg disebabkan oleh kesalahan manusia. 
    Lebih jauh lagi, ketika menggunakan aplikasi ini, seorang pimpinan dapat melihat perkembangan kinerja perangkat daerah melalui statistik kinerja yang ditampilkan dalam aplikasi.
    "Jadi kondisi nyata kinerja dari masing-masing perangkat daerah dapat dipantau dan jika ada kelemahan dapat direkomendasikan kebijakan untuk diperbaiki melalui penguatan  penganggaran dalam program kegiatan," katanya.***4***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024