Manado, 13/11 (Antaranews Sulu) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa.
     Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam sambutan dibacakan Danlantamal mengatakansetiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan  serta gotong royong yang terpancar  di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. 
     "Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar  dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama    guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan  masyarakat," katanya.
        Ia mengatakan semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. 
     "Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh," katanya.
       Selama pelaksanaan TMMD di Pangolombian, Kota Tomohon, Satgas TMMD melaksanakan sejumlan kegiatan dengan sasaran fisik dan nonfisik.
          Sasaran fisik dilaksanakan antara lain perintisan, pelebaran dan  pengerasan jalan perkebunan sepanjang 1.275 Meter (M)  x 6 M,  pelebaran dan pengerasan jalan penghubung antara Pangolombian  Kota Tomohon ke Desa Tampusu  Kabupaten Minahasa  sepanjang 650 M x 6 M, pembangunan delapan unit plat duicker.
       Pembangunan Kantor bersama Tiga Pilar, pembangunan 10 unit jamban bagi masyarakat kurang mampu, pemasangan paving block dihalaman Gereja GMIM Naviri, rehabilitasi satu unit  Poskamling, perbaikan instalasi air dan kegiatan penghijauan.
      Kemudian untuk sasaran nonfisik seperti pengobatan masal, pelayanan KB Kesehatan, pemberian sembako, pemberian Alsintan kepada kelompok tani, operasi celah bibir, bazar murah, sosialisasi deteksi dini kanker, Sosialisasi tentang bahaya HIV/Aids.  
     Pemutaran film perjuangan, sosialisasi tentang empat  pilar kebangsaan, sosialisasi tentang Kamtibmas, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara.***2***

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024