Manado, (Antaranews Sulut) - Bank Bukopin Cabang Manado terus membudayakan para siswa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar gemar menabung sejak usia dini.

"Hal ini kami lakukan dengan mendatangi sekokah-sekolah baik di Kota Manado dan sekitarnya," kata Kepala Bukopin Cabang Manado Riza Novian melalui Manager Bisnis Personal Yusran Yunus di Manado,Minggu.

Dia mengatakan selain memberikan produk tabungan Bank Bukopin sendiri, juga menjalankan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel).

"Perkembangannya secara positif akan meningkat, sesuai namanya simpanan pelajar, tentu sasaranya adalah pelajar," kata Yusran.

Yusran mengatakan Bank Bukopin berupaya mengedukasi anak-anak mengelolah keuangan dengan cara menabung, dan membudayakan menabung sejak usia dini.

Menabung, katanya, merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Mengapa? Tentu saja dengan menabung, anak-anak dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang.

Jika sewaktu di Taman Kanak-kanak, anak-anak masih sering jajan dan menghabiskan uang saku yang didapatnya, memasuki Sekolah Dasar (SD) orang tua mulai dapat mengajari mereka untuk menabung.

Mungkin awalnya menabung menggunakan celengan di rumah dengan menyisihkan sedikit uang saku untuk membeli barang yang anak butuhkan.

Selanjutnya, target tabungan siswa akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan peningkatan jumlah uang saku mereka.

Kepala OJK SulutGoMalut Elyanus Pongsoda mengapresiasi upaya perbankan dalam mengajak masyarakat untuk menabung.

Elyanus mengatakan hal ini juga untuk mencapai target pemerintah pusat pada tahun 2019 nanti inklusi keuangan secara nasional sudah mencapai 75 persen.

"Sehingga dukungan semua perbankan dan jasa keuangan untuk menjangkau semua masyarakat agar bisa terakses dengan layanan keuangan, sangat kami apresiasi," kata Elyanus.

(T.KR-JRL/B/G004/B/G004) 04-11-2018 23:32:23

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024