Manado, (Antaranews Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap "The Archipelagic and Island States Forum" (AIS Forum) dapat memperkuat kapasitas kerja negara-negara pulau dan kepulauan menghadapi perubahan iklim. 
    "Forum ini kiranya dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan menjadi sarana berbagi pengalaman, bersinergi menghadapi persoalan dan mensosialisasikan ancaman perubahan iklim," kata Gubernur saat memberikan sambutan pada "AIS Forum" di Manado, Kamis.
    Gubernur Olly bangga provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta itu dipercayakan menjadi bagian dari pelaksanan forum negara-negara pulau dan kepulauan tahun 2018 ini. 
    "Menjadi harapan kita bersama, forum ini dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah terjadi selama ini," harapnya.
    Forum ini juga diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi salah satunya berkaitan dengan persoalan sampah.
     Gubernur Olly menilai agenda yang diikuti delegasi dari 20 negara pulau dan kepulauan itu mampu meningkatkan kapasitas dan mitigasi bencana akibat perubahan iklim.
    Sebagai bagian integral dan salah satu provinsi kepulauan di Indonesia, Sulut menyambut gembira pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperkuat kerja sama pembangunan negara pulau dan kepulauan.
    "Forum ini menjadi katalisator bagi pembentukan kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, menyesuaikan diri dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim," ujarnya. 
    Gubernur juga berharap melalui "AIS Forum" dapat memberikan informasi penting bagi seluruh masyarakat Sulut tentang mitigasi perubahan iklim.
    "Kegiatan ini akan mengingatkan seluruh masyarakat untuk lebih peduli menjaga lingkungan," katanya.***4***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024