Manado, (Antaranews Sulut) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) menggiatkan stikerisasi atau labelisasi rumah makan menunjang sektor pariwisata.

"Tujuannya adalah agar makanan yang disajikan rumah makan sehat dan bebas bahan berbahaya," kata Kepala BBPOM Manado Dra. Sandra M.P Linthin Apt, MKes di Manado, Selasa.

Stikerisasi rumah makan yang dilakukan di Kota Manado, kata Sandra, diistilahkan dengan "Pang Ba Rasa" (pangan bebas bahan berbahaya dan sehat).

Selain di Manado, BBPOM juga sudah melakukan sosialisasi di Kota Bitung bersamaan dengan digelarnya Festival Selat Lembeh belum lama ini.

BBPOM lanjut dia, terus bersinergi dengan pemerintah daerah memfokuskan pengembangan sektor pariwisata sebagai salah penggerak perekonomian daerah.

"Jangan sampai makanan yang dikonsumsi wisatawan menyebabkan keracunan. Dampaknya adalah matinya sektor pariwisata sebagai salah satu program andalan," ujarnya.

Target ke depan, kata dia, adalah titik-titik yang terindikasi rawan penggunaan bahan berbahaya.

"Kita akan intervensi supaya pelaku usaha dapat mengubah perilaku, apalagi ada bahan alternatif lain yang bisa digunakan dan jauh lebih aman dari pada menggunakan bahan berbahaya," ujar Sandra.

Sebelumnya, BBPOM sudah melakukan stikerisasi untuk usaha rumah makan dan restoran yang ada di kawasan Mega Mall, Manado.

(K011).

(T.K011/B/Y008/C/Y008) 23-10-2018 16:26:40

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024