Manado, 16/10 (Antaranews Sulut) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado mendukung kegiatan layanan kas BI pada pulau  terluar, terdepan dan terpencil (3T) di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud, Sulawesi Utara.
      "Pada kegiatan itu, rombongan menggunakan KRI Sultan Iskandar Muda - 367 untuk melaksanakan kas keliling pada tujuh pulau di Provinsi Sulut," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (T) Jusuf Ali, di Manado, Selasa.
       Jusuf Ali mengatakan pelepasan rombongan kegiatan layanan kas dilakukan Pgs. Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Rumpoko, bertempat di Dermaga Samla Bitung.
        Pada saat itu Kolonel Laut (P) Rumpoko mengatakan kegiatan ini bentuk kerjasama TNI AL dengan Bank Indonesia untuk mendukung kegiatan pelayanan Kas Keliling. 
      Kas keliling merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk membantu masyarakat di wilayah kepulauan terluar dan terdepan wilayah Indonesia agar dapat mengantisipasi serta terhidar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti peredaran uang palsu dan lainnya. 
      Diharapkan kerjasama TNI AL dengan Bank Indonesia ini dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat.
      "Serta dapat memberikan semangat kepada rekan - rekan yang tinggal di wilayah perbatasan bahwa mereka bisa mendapatkan uang rupiah dengan kondisi yang baik, tidak menggunakan uang yang lusuh dan tidak layak pakai," katanya.
     Adapun kegiatan layanan kas di kepulauan dengan penukaran uang, edukasi mata uang dan program Sosial Bank Indonesia.
      Rute yang akan dilalui KRI Sultan Iskandar Muda - 367 melewati Pulau Lirung, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Kalama, Pulau Nusa, Pulau Kawaluso, dan Pulau Marore.    
     Pada program itu juga akan memberikan bantuan berupa peralatan sekolah, peralatan olahraga, peralatan kesenian dan komputer. ***3***


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024