Tomohon, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman berharap sektor pertanian yang menjadi sumber kehidupan petani di daerah itu mampu meningkatkan derajat kesejahteraan mereka.

"Sebanyak 65 persen warga Kota Tomohon kehidupannya berada di sektor pertanian, karena itu sudah selayaknya sektor pertanian ini ikut menyejahterakan," kata dia di Tomohon, Minggu (14/10).

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah daerah memberikan perhatian serius kepada petani yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani.

"Kita melakukan pembinaan bagi kelompok tani penerima bantuan lingkup bidang tanaman pangan, holtikultura, perkebunan prasarana dan sarana pertanian, peternakan dan perikanan," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan tujuan utama pembangunan pertanian secara umum untuk menyejahterakan petani.

"Pemerintah pusat, provinsi, maupun kota telah melakukan berbagai upaya melalui berbagai program yang ada yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Dia berharap, petani sebagai bagian dari masyarakat perkotaan setempat bersama-sama mendukung berbagai program menuju kota ?yang semakin maju, berdaya saing, tangguh, dan mandiri.

Kepala Dians Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Vonny Pontoh menjelaskan pemerintah kota terus mengucurkan bantuan bagi kelompok-kelompok tani yang sudah terbentuk.

"Mereka (kelompok tani, red.) dalam waktu dekat ini akan memperoleh berbagai bentuk bantuan dan penyerahannya direncanakan pada acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 pada Senin (15/10) besok," ujarnya. 


(K011).



(T.K011/C/M029/C/M029) 15-10-2018 00:16:47

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024