Tomohon, Sulut, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) segera menyiapkan sistem informasi yang terintegrasi dengan penataan ruang, kata Wali Kota Jimmy F Eman.

"Sistem ini akan memudahkan masyarakat mengakses dan kemudian dapat melihat langsung data peruntukan yang dipetakan dan kesesuaian lahannya. Dalam waktu dekat kami akan sediakan sistem ini," ujar Wali Kota Jimmy, di Tomohon, Sabtu.

Wali Kota Tomohon itu menambahkan, pengembangan investasi yang akan menunjang pembangunan suatu kota atau wilayah sering kali bertentangan dengan penataan ruang.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yakni kurang pengetahuan masyarakat atau investor terkait lahan dan peruntukannya, serta kurang sosialisasi dan pengendalian aparat teknis.

"Sistem informasi ini sangat membantu masyarakat melihat peruntukan dan kesesuaian lahan secara mendetail dan akurat, sehingga bidang tanah dalam gambar/peta digital akan menunjukkan peruntukan lahan tersebut," ujarnya pula.

Menurut Wali Kota, apabila kebijakan-kebijakan, sosialisasi dan pengendalian hanya dilakukan oleh aparat teknis kurang berdampak positif bagi sektor penataan ruang dan masyarakat.

Keterbatasan jangkauan pelayanan aparatur teknis itu menyebabkan keterlambatan informasi, sementara pembangunan lahan telah berjalan walaupun seringkali tidak sesuai dengan peruntukan lahannya, katanya lagi.

"Memang dibutuhkan aparatur atau masyarakat yang lebih dekat dengan kelurahan dan kecamatan, karena keduanya merupakan aparat pemerintah terdekat yang akan secara langsung berhadapan pengembang atau investor," ujarnya.

Peran masyarakat dan aparatur ini sangat dibutuhkan dalam pengendalian penataan ruang untuk menentukan perkembangan kota ke depan.

"Sosialisasi kebijakan pemerintah harus terus dilakukan, sehingga memberikan umpan balik dan kontribusi positif bagi kemajuan perkembangan penataan ruang Kota Tomohon," ujarnya pula.

Perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian pemanfaatan lahan, perizinan serta peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian penataan ruang menjadi salah satu faktor vital menjawab tantangan pengembangan kota, kata dia lagi.



Budisantoso Budiman

(K011)

(T.K011/B/B014/C/B014) 13-10-2018 15:22:48

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024