Manado, 14/10 (Antaranews Sulut) - Pemerintah  Kabupaten Minahasa  akan menggelar Kejuaraan Pacuan Kuda "Minahasa Cup" memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati, pada 3 November 2018.
      "Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-590 Kabupaten Minahasa,  akan digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso," kata Sekretaris I Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) Chris Sondakh, di Manado, Minggu.
      Gelaran  Pacuan Kuda Minahasa Cup 2018, dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara dan Pengurus Kabupaten Pordasi  Minahasa.
      Ia mengatakan guna suksesnya pelaksanaan kegiatan itu, telah dilakukan rapat pemantapan persiapan.
      Dalam rapat itu, antara lain menyepakati untuk menjadikan kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup sebagai event tahunan sehingga  dapat menjadi salah satu  destinasi pariwisata di daerah.
      Serta untuk membangun tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani, peternak di Minahasa khususnya di Kecamatan Raya Kawangkoan, Tompaso, Langoan dan Sonder.
     Kejuaraan Minahasa Cup 2018, direncanakan mempertandingkan sepuluh kelas pacuan kuda yang nantinya diikuti kuda pacu dan joki handal dari beberapa kabupaten, kota di Provinsi Sulawesi Utara.
      Serta dari luar daerah seperti DKI Jakarta, Gorontalo, Sulawesi Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
       Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Kabupaten Minahasa  Kepemudaan dan Olahraga Daerah Kabupaten Minahasa Siby Sengke, mengatakan  kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup 2018 akan menjadi ajang kejuaraan terbesar di Sulawesi Utara.
      "Apalagi dengan  hadiah uang bagi pemenang yang disiapkan cukup  besar yang tentu akan menjadi daya tarik dari para pemilik stable untuk mengikuti," katanya.
       Ia menambahkan kejuaraan pacuan kuda Minahasa Cup 2018 akan memperebutkan Piala  Bupati  Royke O. Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.
     Ketua Umum Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara Ferry M.K.A. Wowor mengatakan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah Kepemimpinan Royke O. Roring dan Robby Dondokambey, walaupun baru beberapa hari dilantik sudah akan  membuat gelaran   kejuaraan pacuan kuda Minahasa Cup 2018.
     "Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara dan Pengurus Kabupaten Pordasi Minahasa akan kerja total menjadikan kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup 2018 sebagai kejuaraan terbesar di daerah ini,"katanya.***4***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024