Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Bantuan dan tim kemanusiaan dari Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mulai disalurkan untuk membantu para pengungsi korban bencana di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis.

"Bantuan dari Pemkab dan rakyat Minahasa Tenggara sesampainya di Kabupaten Sigi langsung disalurkan. Sedangkan tim kemanusiaan langsung berkoodinasi dengan pemerintah setempat untuk membantu para pengungsi," kata Koordinator Tim Kemanusiaan Minahasa Tenggara Piether Owu ketika dihubungi dari Sigi.

Dia menuturkan, bantuan yang dibawa melalui jalur darat hampir dua hari tersebut diserahkan langsung kepada Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Paulina.

Selain itu menurut Piether, Bupati James Sumendap bersama jajaran Pemkab serta rakyat Minahasa Tenggara menyampaikan duka dan keprihatinan terhadap bencana yang melanda Kabupaten Sigi.

Apalagi menurutnya, kedua kabupaten tersebut telah memiliki hubungan dan membangun komitmen kerja sama dalam berbagai bidang.

"Selain itu kami juga menyampaikan rasa duka, dan keprihatinan dari Bupati bersama jajaran pemerintah serta seluruh rakyat Minahasa Tenggara. Dan berharap Sigi dan daerah lainnya bisa kembali bangkit setelah bencana," ujarnya.

Sementara itu menurut Piether, khusus untuk tim medis beserta Tagana, akan ditugaskan selama 14 hari di Kabupaten Sigi, dan kemudian akan digantikan tim lainnya dari Minahasa Tenggara.

"Tim kemanusiaan ini akan ditugaskan, sampai selesai penanganan bencana di Kabupaten Sigi," tandasnya.

Dalam Tim Kemanusiaan Minahasa Tenggara ikut juga sejumlah pejabat yakni Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Gotlieb Mamahit, Kepala Dinas Kesehatan Helni Ratuliu, dan Kepala Dinas Sosial Fenggy Wurangian.

Tim kemanusiaan dari Pemkab Minahasa Tenggara juga disambut Bupati Sigi Irwan Lapata saat oenyslurap bantuan.

(T.KR-AIK/B/B013/B013) 11-10-2018 22:01:45

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024