Manado, 7/10 (Antaranews Sulut) - Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) Ferry MKA Wowor mengatakan kejuaraan pacuan kuda memperebutkan Piala Panglima TNI yang berlangsung di Tompaso, Minahasa, berlangsung ketat.
     "Harus diakui kejuaraan pacuan kuda Piala Panglima 2018  ini,  persaingannya sangat ketat dan bahkan kuda-kuda yang diunggulkan tidak meraih juara,"kata Ferry, di Manado, Minggu.
      Kejuaraan itu selain diikuti semua stable yang ada di Sulut, juga dari Gorontalo, DKI dan Jawa Barat dengan jumlah total kuda pacu sebanyak 73 ekor yang ditunggangi joki - joki handal, 
     Ia menambahkan dengan persaingan semakin ketat, menandakan kemajuan olahraga berkuda di Sulut semakin pesat dan hebat.
      "Berharap  di kejuaraan nasional pacuan kuda seri II pada 15 - 22 Desember 2018 nanti Pordasi Sulut akan meraih prestasi terbaik,"katanya.
      Pada kejuaraan itu, stable-stable handal yang biasanya merajai setiap kejuaraan pacuan kuda di Sulut bahkan telah mengukir prestasi di tingkat nasional seperti Miranda Stable, Tonsea Stable dan Prima Sion Stable tumbang dengan tidak meraih  satupun juara pertama pada sepuluh kelas yang dipertandingkan.
     Bahkan Miranda Stable dari empat kuda pacu terbaik yang diikutsertakan dimana salah satu kuda pacunya Mc.Kinly dan  ditunggangi joki nasional Soni Wenas  yang di Kejuaraan nasional pacuan kuda seri pertama  pada 15 - 29 Juli 2018 lalu di Salatiga meraih juaral, di Piala Panglima TNI ini  tidak satupun meraih juara.
      Adapun Kuda Pacun Miranda Stable "Mc.Kinly" dengan joki Soni Wenas  pada kelas terbuka sprint jarak 1.200 Meter (M) dan  diunggulkan  hanya  menduduki peringkat keempat setelah kuda pacu Star Princess,  joki J Paendong dari Ibantong Stable, Bombastis dengan joki D Liwe  dari All Star Stable dan Don Juan Esa dengan  joki Bosman P  dari Pakasaan Stable. 
     Untuk kelas bergengsi di  Kelas "Calon  Derby"  jarak 1.400 M memperebutkan Piala Panglima TNI diikuti delapan stable dengan   10 kuda pacu, kuda Sukma Nagari dengan joki F Sangian dari Bendang Stable meraih juara pertama diikuti kuda pacu primadona joki H Paendong dari Prima Sion Stable dan kuda Matahari Tonsea, joki R Rorimoandey dari Tonsea Stable.
     Hasil lainnya Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Panglima TNI 2018, untuk kelas Eksebisi  600 M juara pertama kuda Lupa Lelah,Joki Bayu dari  Koni Stable diikuti kuda Prima Simpaty Joki F Paendong dari Simpaty Stable dan kuda
 Militan Joki A Pantouw dari Star King Stable
      Kelas Perdana  dua tahun pertama 800 M juara pertama kuda Zenata Joki F Paendong dari Utam Stable diikuti kuda Barbosa joki D. Liwe dari All Star Stable dan kuda Paroa, Joki J. Pantow dari Virva Stable.
      Kelas Perdana dua tahun kedua 800 M juara pertama kuda Kamasilan, Joki  S Wenas dari Kamasi Stable diikuti kuda Putra Abigael, Joki A. Roring dari Momuat Stable dan kuda
Queen of Miracle, Joki J. Paendong dari Ibantong Stable,
      Kelas F jarak 800 M juara pertama kuda Jesika, Joki Bayu dariJesika Stable, diikuti kuda Celsy, Joki Gilbert L dari Kamasi Stable dan kuda Bolang, Joki Marvel Supit dari Glenn Stable.
       Kelas E jarak 1.000 M juara pertama kuda  Dewi Karangetang, Joki Joulan M dari Karangetang Stable diikuti kuda Edelweis, Joki Adi Pantow dari Pinabetengan Stable dan kuda Permata Kasih, Joki F. Sangian dari Kasih Stable.
     Kelas D 1.100 M juara pertama kuda Dred Zeigen, Joki R. Rorimpandei dari Porayow Stable, diikuti kuda Suko Nagari, Joki Joulan  dari Bendang Stable dan kuda Striker, Joki F Paendong dari Sparta Stable.
      Kelas Calon Remaja, 1.200 M juara pertana  kuda Bintang Christy, Joki F. Najoan dari Mayoret Stable diikuti kuda Drogo Sitaro, Joki Joulan M dari Bendang Stable dan kuda Alana, Joki H. Paendong dari Prima Sion Stable.
     Kelas Terbuka 1.850 M juara pertama kuda Nona Princess, Joki F. Paendong dari Prince Star Stable diikuti kuda  Bolt, Joki H. Paendong dari  Kinamang Stable dan kudaTagaroa, Joki Sonny Wenas dari Kamang Stable. ***4***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024