Manado, 4/10 (Antaranews Sulut) - Kodam XIII Merdeka membuka Posko Kemanusiaan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah.
     Kapendam Merdeka Kol Inf Muh Thohir melalui Wakapendam Letkol Inf Vipy Amuranto, di Manado, Kamis, mengatakan telah membuka Posko Kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam tersebut.
      "Posko Kemanusiaan yang dibuka di Makodam, untuk menggalang dan menghimpun bantuan dari berbagai pihak untuk membantu sudara-sudara kita yang tertimpa bencana di Palu, Sigi dan Donggala," katanya.
     Ia menambahkan bantuan tersebut seperti dari instansi  jajaran Kodam, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, perusahaan dan perorangan.
     Aksi kemanusiaan penggalangan bantuan yang dilaksanakan Kodam merupakan wujud kepedulian Pimpinan Kodam atas penderitaan saudara-saudara kita yang di Palu, Sigi dan Donggala. 
    "Kami berharap rasa kebersamaan, rasa kepedulian  dan rasa persaudaraan kita tergerak untuk dapat membantu, dan kami Kodam siap untuk memfasilitasi pengirimannya," katanya.
      Tercatat sumbangan yang sudah di terima dan dikirim ke Palu menggunakan pesawat Herkules TNI AU , diantaranya, air mineral sabanyak lima ton,  dua truk  berupa Sembako, obat-obatan, pakaian, peralatan penerangan seperti senter dan petromaks.
      Sebelumnya pasca bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah itu, Kodam XIÌI Merdeka bergerak cepat dan langsung mengirimkan sebanyak 550 personel dan tenaga medis yang di pimpin langsung Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang ke daerah bencana. ***4***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024