Manado, (Antaranews Sulut) - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono mengatakan, saat ini sejumlah alat berat dimobilisasi membantu upaya pemulihan pascagempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.
    "Alat-alat berat sudah jalan sejak Minggu dan diperkirakan tiba di lokasi pada Senin siang kemarin," kata Triono di Manado, Selasa.
    Alat-alat berat yang dimobilisasi tersebut adalah adalah "excavator", "loader', "dumb truck".
    Sementara pada hari berikutnya, Senin (1/10) dikirimkan juga sebanyak tiga genset serta bahan makanan.
    "Ini adalah kepedulian kita bersama, apa yang dialami di sana (Palu-Donggala) juga menjadi bagian kami untuk saling menopang," ujarnya.
    Alat-alat berat yang dikirimkan ke lokasi-lokasi bencana tersebut akan membuka akses jalan yang tertutup material serta membantu mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.
    Triono menambahkan, terkait akses jalan nasional yang terhubung dengan wilayah Sulawesi Tengah, masih dalam kondisi baik.
    "Saat ini kami berada Gorontalo untuk mengobservasi langsung apakah ada ruas jalan yang mengalami kerusakan pascagempa. Tapi bersyukur, kondisi jalan masih baik dan bisa digunakan," ujarnya.
    Alat-alat berat tersebut berasal dari Gorontalo yang jaraknya relatif lebih dekat bila harus dimobilisasi dari Kota Manado.***4***

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024