Tahuna, (Antaranews Sulut) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengatakan, jumlah penduduk miskin di kabupaten tersebut turun 1,20 persen menjadi 15.380 jiwa dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 17.225 jiwa atau 12,28 persen dari jumlah penduduk.

"Angka kemiskinan di Sangihe saat ini 11,8 persen atau turun 1,20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 12,28 persen," kata Bupati Jabes Gaghana di Manado, Selasa.

Menurut dia, pemerintah kabupaten terus berupaya dengan berbagai program agar penduduk miskin di Sangihe yang masih 15.380 jiwa terus berkurang.

"Kami terus berupaya dengan sentuhan program yang nyata, untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di Sangihe," kata dia.

Dia mengatakan, pemerintah kabupaten memiliki target agar masyarakat Sangihe semakin sejahtera dengan menurunkan jumlah penduduk miskin.

Target pemerintah kabupaten pada tahun 2019 penduduk miskin menjadi 6,66 persen, kata Bupati.

Pemerintah setempat melalui berbagai program terus berupaya untuk mengurangi jumlah penduduk miskin termasuk meningkatkan pendapatan petani dan nelayan.

Pemerintah Sangihe saat ini telah menyiapkan pupuk bersubsidi dengan harga Rp4.000 per kilogram untuk petani, kata dia.

Sedangkan untuk nelayan kata Bupati, pemerintah terus mengupayakan penyediaan armada dan alat tangkap ikan yang memadai. Bantuan armada dan alat tangkap ikan terus disiapkan pemerintah untuk nelayan yang ada di Sangihe, kata dia. 

Bupati berharap semua bantuan yang diberikan pemerintah dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan pendapatan masayarakat. (KR-JRL).

(T.KR-JRL/C/B013/C/B013) 11-09-2018 13:50:56

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024