Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengharapkan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mampu melahirkan atlet-atlet baru yang berprestasi mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

"Saya berharap akan muncul lagi atlet-atlet seperti peraih medali emas cabang pencak silat dalam Asian Games 2018 Abdul Malik yang membanggakan Indonesia dan Kota Bitung," kata Lomban di Bitung, Kamis.

Kehadiran sang juara di Kota Bitung disambut langsung Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban di batas Kota bersama segenap keluarga, kerabat dan masyarakat Kota Bitung dan Pemerintah Kota Bitung.

Abdul Malik yang kini tercatat di sejarah Indonesia telah meraih medali emas cabang olah raga pencak silat dalam Asian Games 2018 saat disambut pemerintah kota dan masyarakat dan diarak menuju arah pusat Kota Bitung

Wali Kota Bitung didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung mengucapkan terima kasih kepada Abdul Malik yang telah membawa dan mengharumkan nama Indonesia khususnya Kota Bitung dalam Asian Games 2018 waktu lalu.

"Karena baru kali ini dalam sejarah yang dia dengar, atlet Kota Bitung bisa meraih medali emas dalam ajang Asian Games dan saya mengapresiasi terhadap pelatih yang sudah mendidik Abdul," jelasnya.

Selaku Walikota Bitung dirinya sangat bangga atas pencapaian yang diraih Abdul Malik, dan semoga dengan adanya 14 perguruan di bawah kepengurusan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lukman Lamato bisa melahirkan lagi Abul Malik yang baru.

"Dan ini baru pertama kali selama sejarah Asian Games saya mendengar dan menyaksikan langsung ada orang Bitung yang menyumbangkan medali emas," jelasnya.

Lomban juga mengapresiasi atas pencapaian Abdul Malik serta pelatih sehingga memberikan bonus atas prestasinya.

Atas nama Pemerintah Kota Bitung kami sangat mengapresiasi pencapaian Abdul, semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat. Walaupun memang tidak seberapa dengan yang telah diberikan oleh Pak Presiden Joko Widodo, namun saya merasa ini bukan sekedar bonus saja, tapi ini bentuk ucapan terima kasih dari pemerintah Kota Bitung atas prestasi yang diraih Abdul bersama Pelatihnya. Dan saya telah mengeluarkan SK agar kuliah dan wisudanya Abdul Malik di Universitas Negeri Manado (Unima) jurusan olah raga akan dibiayai oleh Pemerintah Kota Bitung," jelasnya.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung, lansung menyerahkan secara simbolis kepada Abdul Malik uang senilai Rp100 juta dan Rp10 juta kepada kelima pelatih dan akan diserahkan diacara puncak Festival Pesona Selat Lembeh 2018 dalam bentuk buku tabungan beserta bonusnya.



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 06-09-2018 16:56:43

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024