Manado, (Antaranews Sulut) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Wilayah Manado menargetkan sebanyak 50 ribu kartu sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sampai akhir tahun 2018.

"Setelah diluncurkan di Manado, kami menargetkan semua nasabah yang memiliki kartu debit agar mendapatkan dengan sistem GPN," kata CEO BNI Manado Haris Agus Handoko di Manado, Senin.

Untuk tahap awal pihaknya menargetkan sebanyak 50 ribu kartu GPN di BNI Wilayah Manado yang mewakili Provinsi Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Malut.

Dia menjelaskan sejak diluncurkan akhir 2017 lalu, BNI terus mengedukasi nasabahnya untuk menukarkan kartu debit/ATM mereka dengan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
  CEO BNI Manado Haris Agus Handoko bersama Kepala BI Soekowardojo dan Kepala OJK Sulutgomalut Elyanus Pongsoda saat meluncurkan GPN di Manado. (1)
Dengan kartu GPN, memungkinkan nasabah melalukan transaksi ATM atau EDC bank lain dengan biaya tambahan yang jauh lebih kecil.

Jika nasabah tidak mau repot dengan banyak kartu debit/kredit didompet, di BNI nasabahnya juga dapat mendownload aplikasi Yap untuk membayar transaksi apapun dengan menggunakan smartphone (cashless and cardless).

"BNI terus mendorong gerakan penukaran kartu berlogo GPN yang dilaksanakan Bank Indonesia belum lama ini di kawasan Mega Mas Manado, BNI juga memberikan diskon khusus kepada nasabah mereka yang menukarkan kartu dengan kartu berlogo GPN dan sekaligus mendownload aplikasi Yap di Google Play atau Play Store," jelasnya.

Dengan kartu berlogo GPN, katanya, transaksi aman, andal dan terpercaya, sehingga BNI terus melakukan edukasi dan sosialisasi bersama BI dan OJK serta seluruh pimpinan perbankan di Sulut melakukan gerak jalan santai yang merupakan bagian dari gerakan penukaran kartu berlogo GPN yang dilaksanakan Bank Indonesia.

Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan transaksi di dalam negeri melalui sistem GPN sudah bisa dilaksanakan secara efektif, meski penerbitan kartu debit/ATM GPN masih terus dilakukan oleh pihak bank secara bertahap.

Pihaknya memohon dukungan dari semua pihak. Implementasi GPN merupakan landasan untuk sistem pembayaran ke depan di Tanah Air Indonesia.

BI, perbankan dan pemerintah akan terus melakukan sosialisasi bersama agar transaksi dengan kartu debit/ATM GPN dapat berjalan maksimal mulai tahun ini.Budi Suyanto





(T.KR-NCY/B/B008/B008) 20-08-2018 11:17:10

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024