Manado, 13/8 (Antaranews Sulut) - Kepala Sekolah SMK 1 Manado Moudy Lumintang mengatakan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mampu meningkatkan rasa persaudaraan.

"Program Kementerian BUMN ini sangat baik, karena mempertemukan daerah yang satu dengan yang lain," kata Lumintang saat menerima kunjungan SMN NTT di SMK 1 Manado, Senin.

Lumintang mengatakan dengan pertukaran pelajar ini mampu membagi cerita dan kemampuan siswa antar dua daerah yakni NTT dan Sulut untuk menjadi bekal dan dibawa pulang ke daerah masing-masing.

"Kami berharap kegiatan SMN ini dapat berjalan terus dan akan ada keterwakilan dan SMK 1 Manado, yang sebenarnya memiliki segudang prestasi," jelasnya.
  SMN SMA 9 MANADO Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Nusa Tenggara Timur (NTT) mengunjungi ruang simulator jurusan pariwisata saat melakukan studi banding di SMK Negeri 1 Manado, Manado, Sulawesi Utara, Senin (13/8). ANTARA SULUT/Adwit B Pramono/18.
Dia menjelaskan sebagai sekolah kejuruan mampu menyiapkan siswa agar memiliki kepribadian yang bermoral dan beretika sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan memiliki keahlian yang andal di bidangnya terutama di bidang akomodasi perhotelan, usaha jasa pariwisata dan boga.

"SMK juga menyiapkan siswa agar mampu menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi," katanya.

Dia menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang terampil produktif untuk dapat mengisi lowongan kerja yang ada dan mampu menciptakan lapangan kerja terutama dibidang akomodasi perhotelan, usaha jasa pariwisata dan boga.

"Memberikan peluang masa depan lebih baik, jika tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," jelasnya.

Deputi Manager Humas dan Hukum PT PLN Suluttenggo Jantje Rau mengatakan kegiatan BUMN ini merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN agar siswa mampu mengenal nusantara lebih dekat lagi.

Dia mengatakan Program SMN 2018 di Sulut yang menjadi PIC yakni PT PLN Persero dengan co PIC yakni PNM.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024