Manado,  6/8 (Antaranews Sulut) - Para pelajar berada di kepulauan Sulawesi Utara, bersyukur dengan adanya program Badan Usaha Milik Negara Hadir Untuk Negeri (BUHN) melalui kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dikoordiner oleh PT PLN Persero.

     Billy Tampilang, pelajar Kelas XI SMK Negeri I Siau Timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, di Manado  mengatakan memberikan apresiasi kepada BUMN yang melaksanakan program SMN.

     "Melalui kegiatan ini para siswa akan mendapatkan wawasan tentang berbagai potensi, budaya  dari daerah lainnya di Indonesia," kata Billy merupakan salah satu dari 23 peserta SMN dari Sulawesi Utara yang akan berangkat ke Nusa Tenggara Timur  (NTT).

     Ia mengatakan   senang terpilih sebagai salah satu wakil dari Kabupaten Sitaro untuk mengikuti program SMN ke NTT.

     Saat di NTT tersebut dirinya akan mengenalkan potensi yang dimiliki Sulut khususnya Sitaro dalam berbagai bidang antara lain di sektor pariwisata.       

     "Saya akan mengenalkan potensi wisata yang dimiliki, seperti obyek wisata Pulau Makalehi di Sitaro," kata Billy.

     Ia menambahkan sementara di NTT nanti, akan belajar mengenai budaya dan potensi yang ada di daerah tersebut.

     "Kegiatan ini baik, para siswa dapat lebih mengenal budaya daerah lain di Indonesia yang kaya dan beragam," katanya.

     Hal senada juga disampaikan Rivaldo Lauraga  siswa kelas XI SMA Negeri I Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud dan Frayke Samuel Maitulung siswa kelas XI SMK Negeri I Talaud.

       Frayke Samuel Maitulung mengatakan melalui kegiatan SMN tersebut, dirinya dapat pergi ke daerah lainnya di Indonesia.

      Dengan program ini para pelajar akan mengetahui lebih banyak tentang beragam budaya, potensi wisata yang berada di Indonesia.

      "Senang  boleh terpilih menjadi salah satu peserta SMN. Akan memanfatkaan kesempatan ini untuk bisa mengenal daerah tujuan NTT serta memperkenalkan potensi yang dimiliki Sulut khususnya Talaud," katanya.

      Rivaldo Lauraga mengatakan senang karena bisa bertemu dengan para pelajar lainnya dari berbagai kabupaten dan kota di Sulut untuk mengikuti program SMN ke NTT.

      "Berterima kasih kepada BUMN yang telah melaksanakan kegiatan ini," katanya.

     Ia mengatakan di NTT nanti selain akan lebih mengenal budaya, potensi wisata daerah tersebut, juga akan menggunakan  kesempatan mengenalkan potensi wisata Talaud.

     "Talaud kaya akan berbagai potensi wisata baik budaya maupun keindahan alam. Saya akan mengenalkan potensi tersebut seperti keindahan Pulau Sara," katanya.

    Terdapat 23 siswa dari 15 Kabupaten dan Kota di Sulut mengikuti program SMN untuk belajar budaya, seni dan pengetahuan lainnya di NTT. ***4***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024