Manado,  (Antaranews Sulut ) - Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, memberikan imunisasi campak rubella, kepada para siswa di sekolah-sekolah setempat.

"Imunisasi sudah dimulai sejak tanggal 1 dengan menyasar sekolah-sekolah tingkat TK, SD,  SMP di seluruh wilayah Minahasa Utara," kata Kepala Bgaian Humas Pemkab Minut, Chresto Palandi, SSTP,  MSi. 

Dia mengatakan, itu sudah dilakukan oleh dinas kesehatan setempat dan menyisir semua Puskesmas, Pustu, Poskesdes hingga Posyandu di Minut. 

Sementara Kepala SMP Kristen Paputungan, Likupang, Henny Kusmawati Harimu, SPd, mengatakan, Imunisasi bagi siswa di sekolah mereka sudah dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Likupang Barat, bagi siswa kelas tujuh sampai sembilan.

Dia mengatakan, sebelum pelaksanaan imunisasi, dinas kesehatan melalui Puskesmas Likupang Barat, sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, termasuk di sekolah-sekolah untuk menyampaikan tentang pentingnya hal tersebut.

Di sekolah, kata Henny, petugas Puskesmas menyampaikan tentang bahaya penyakit campak dan rubella, dan langkah yang ditempuh pemerintah untuk mengeleminir penyakit tersebut.

"Para siswa dan guru diberikan pemahaman sebelumnya sehingga kami mengerti dan mengharuskan seluruh siswa untuk hadir dalam pelaksanaan imunisasi tersebut," katanya.

Dia mengatakan, imunisasi di SMP Kristen Likupang, dilaksanakan Kamis pagi sampai siang, demikian juga di sekolah-sekolah lainnya di wilayah tersebut.

 Khusus untuk SMP Kristen Likupang, kata Henny, siswanya yang berjumlah 60 orang, semuanya hadir dan diberikan imunisasi campak dan rubella, tidak ada yang terlewat.

Dia mengatakan semua siswa diberikan imunisasi tidak ada yang terkecuali, bahkan dilarang tidak hadir dan wajib ada di sekolah, supaya bisa menerima vaksin itu, untuk kesehatan dan terhindar dari penyakit tersebut. 

 (KR-JHB).

(T.KR-JHB/B/M007/C/M007) 02-08-2018 18:22:20

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024