Manado, (Antaranews Sulut) - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulawesi Utara (Sulut) siap berpartisipasi dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Melalui Kemendag, Kemenperin dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), produk UMKM nusantara akan dipajang di lokasi pameran Taman Mini Indonesia Indah," kata Ketua Harian Dekranasda Sulut Jenny Karouw di Manado, Jumat.

Jenny yang juga sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut mengatakan akan memfasilitasi para pelaku usaha di Sulut dalam memeriahkan Asian Games 2018 melalui pameran produk unggulan daerah.

"Biasanya yang dipamerkan yakni produk pangan dan kerajinan yang biasa dijadikan oleh-oleh," jelasnya.

Wakil Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulut Bidang UMKM Ivanry Matu mengatakan pihaknya akan mendukung para UMKM Sulut yang akan berpartisipasi dalam Asian Games 2018 nanti.

"Berikan produk terbaik yang Sulut miliki, sehingga pasar akan semakin terbuka lebar," jelasnya.

Ia menjelaskan produk Sulut sangat bervariasi dan siap bersaing dengan pasar nasional maupun internasional.

Kartini Igirisa, pemilik UD Kartini Cakalang?mengatakan pihaknya akan ikut dalam pameran di Asian games dan membawa tujuh produk pangan seperti kacang kawangkoan, pala manis, halua kanari, bagea katu, kelapa koek, sambal roa dan abon cakalang serta kacang goyang.

"Kami menyiapkan ribuan paket untuk ikut serta dalam pameran Asian games di TMII," kata Kartini.

Dia berharap produk Sulut diminati dan terjual habis.

"Saya harap ajang ini, bisa membuka akses pasar lebih besar lagi," jelasnya.

Pesta olahraga Asia atau 2018 Asian Games, secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, adalah acara olahraga?multi-event?regional Asia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018.

Kegiatan ini digelar di dua kota yaitu Jakarta?dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

(T.KR-NCY/B/I007/I007) 27-07-2018 08:23:37

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024