Manado, (Antaranews Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berharap Festival Bunga Internasional (Tomohon International Flower Festival/TIFF) di Tomohon, 8-12 Agustus 2018 dapat semakin meningkatkan kemajuan kepariwisataan dan perekonomian daerah.

Pada beberapa kali penyelenggaraaan TIFF, masyarakat Tomohon sudah merasakan manfaatnya bagi perekonomian, kata Gubernur di Manado, Kamis.

Sebelum dan saat iven digelar, petani bunga, toko bangunan, para desainer, hingga jasa penyewa mobil mendapatkan penghasilan berlipat yang secara langsung mempengaruhi tingkat perekonomian masyarakat sekitar, katanya.

Menurut Gubernur Olly, penyelengaraan TIFF kedelapan, tahun ini, dapat mendatangkan keuntungan besar bagi Provinsi Sulut dan Kota Tomohon.

"Akan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang menyaksikan langsung festival bunga internasional ini," ujarnya.

Gubernur berharap panitia dapat menyiapkan sebaik dan semenarik mungkin pelaksanaan TIFF tahun ini dengan atraksi-atraksi menghibur yang bisa menarik wisatawan lokal dan mancanegara datang lagi pada festival yang sama tahun depan.

Tomohon yang berjuluk Kota Bunga berpanorama alam indah, dikelilingi sejumlah gunung, di antaranya, Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan.

Di Tomohon terdapat Danau Tampusu, Linow, pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean.

Di kota berketinggian 800-1.000 meter di atas permukaan laut itu juga terdapat air terjun Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa, Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

(K011).

(T.K011/B/A013/C/A013) 19-07-2018 10:38:44

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024