Manado, 19/7 (Antaranews Sulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) melakukan  tes evaluasi atlet dalam rangka  mewujudkan program OD-SK untuk menjadikan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar ( PPLP ) sebagai wadah pembinaan dan pelatihan atlet yang berbakat untuk dikembangkan menjadi berprestasi.
    Tes  diikuti 41 calon peserta atlet PPLP berasal dari 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut), dilaksanakan di Hall B Sario, Manado, Kamis.
      Kepala Dispora Sulut Marshel Sendoh mengatakan untuk melaksanakan pembibitan dan pembinaan olahraga pelajar secara teratur dan berkesinambungan dalam suatu wadah atau sentra sistematik di PPLP sehingga dapat melahirkan atlet yang handal dan berprestasi, wajib dilaksanakan test evaluasi calon peserta yang dilaksanakan secara objektif dan terukur.
     "Bukan itu saja karena bersamaan dengan kegiatan ini dilaksanakan juga test pengukuran bagi atlet PPLP," katanya.
     Ia menambahkan peserta tidak memenuhi syarat atau standar setelah dilakukan pengukuran kesehatan, anthropometri, sik dan keterampilan dikenakan degradasi.
     Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sulut Chris Sondakh mengatakan pembinaan ateit pelajar di PPLP Sulut saat ini sebanyak 47 atlet.
     Puluhan atlet tersebut tersebar pada sejumlah cabang olahraga masing - masing tinju 12 atlit, Pencak Silat 11 atlit, Taekwondo delapan atlet, Anggar delapan atlet dan Bulutangkis delapan atlet.
     Pelaksanaan tes evaluasi calon peserta PPLP ini untuk mengganti atlet PPLP yang telah menyelesaikan studi di tingkat pendidikan SMA ataupun sudah melewati batas umur dan yang melakukan pelanggaran indispliner.
     "Untuk 2018 ini, akan mengganti sebanyak 15 atlet PPLP terdiri dari cabang olahraga Taekwondo enam  atlit, anggar tiga  atlit dan Pencak Silat enam atlit," katanya.
     Test evaluasi calon peserta PPLP oleh Panitia Pelaksana yang diketuai Marnex Berhimpong dengan anggota para pelatih dan asisten pelatih PPLP Sulawesi Utara yang pelaksanaannya juga dihadiri orang tua dari atlet calon peserta PPLP. ***4***


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024