Manado, (Antaranews Sulut) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan pemerintah daerah terus menggenjot pembangunan infrastruktur pelabuhan Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, hingga pembangunan TPA modern.

"Kita sudah sampaikan kepada Tim Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres mengenai progres pembangunannya sekaligus kendala yang dihadapi," ujar Kandouw di Manado, Jumat.

Pelabuhan Bitung, kata dia, akan ditingkatkan menjadi "International Hub Port" dalam rangka memangkas waktu tempuh tiba di Sulut, sementara KEK dibangun untuk menggerakkan perekonomian daerah dan nasional.

Selanjutnya, pembangunan TPA modern di Kabupaten Minahasa Utara, lanjut dia, menjadi salah satu solusi mengatasi produksi sampah di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, dan Kota Tomohon.

Selain mereduksi sampah, pengelolaan sampah modern juga akan menghasilkan energi yang bisa dimanfaatkan masyarakat, katanya.

"Bapak Gubernur Olly Dondokambey telah berupaya keras mendorong pembangunan di daerah Sulut namun ada kendala yang kami hadapi di lapangan," ujarnya.

Khusus Pelabuhan Bitung yang akan ditingkatkan statusnya menjadi "International Hub Port", sebelumnya juga sudah dibahas Gubernur Olly Dondokambey bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, pada Rabu (11/7). 

Wagub Kandouw berharap, pertemuan dengan Wantimpres dapat menjadi jembatan komunikasi agar dapat ditemukan solusi mempercepat pembangunan infrastruktur Pelabuhan Bitung, KEK Bitung, serta TPA modern di Kabupaten Minahasa Utara.

(K011).

(T.K011/B/M028/C/M028) 13-07-2018 14:52:58

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024