Manado, (Antaranews Sulut) - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) akan melihat peluang pembiayaan sejumlah proyek infrastruktur di Sulawesi Utara, kata anggota Wantimpres Suharso Monoarfa di Manado, Jumat.

"Ada beberapa presentasi yang sudah dilakukan pemerintah daerah terkait dengan pembangunan infrastruktur, kami akan lihat peluangnya agar bisa masuk dalam skema baru pembiayaan pembangunan ke depan," katanya.

Tiga proyek infrastruktur yang saat ini digenjot pemerintah yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pelabuhan Bitung dan pengelolaan sampah (TPA Regional) di Kabupaten Minahasa Utara.

Dia menambahkan, tim ingin mengembangkan suatu kerja sama di daerah ini yang lebih luas antara pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat, yang kemudian bisa dibiayai dalam jangka panjang dan suku bunga yang murah.

"Hasil presentasi dari pemerintah daerah dan kendala pembangunan yang dihadapi akan kepada pemerintah pusat dan Presiden," katanya.

Monoarfa menambahkan, sektor pariwisata terus berkembang di mana telah menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara datang ke daerah ini.

"Saya tahu daerah ini kini dibanjiri turis lokal maupun mancanegara dan begitu banyak objek wisata pantai yang sangat indah," katanya.

Wantimpres juga memberikan apresiasi atas kerja pemerintah daerah menurunkan angka kemiskinan, bahkan dari laporan Bank Indonesia Sulut adalah daerah dengan inflasi terendah.

(K011).

(T.K011/B/N002/C/N002) 13-07-2018 13:45:51

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024