Manado, (Antaranews Sulut) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai kemudahan pengurusan perizinan investasi melalui Online Single Submission (OSS) mampu meningkatkan investasi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Jika peizinan investasi dipermudah, otomatis investor akan banyak datang ke Sulut," kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang UMKM Sulut Ivanry Matu di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah pusat melakukan kemudahan pengurusan perizinan investasi melalui OSS.

"Penguatan ekonomi Indonesia dilakukan dengan meningkatkan ekspor dan investasi di Indonesia," jelasnya.

Ia menjelaskan dengan mekanisme OSS sangat membantu dalam hal efisiensi waktu karena OSS adalah sistem jadi mengurangi kontak dengan manusia.

Penerapan OSS harus serius, katanya, jangan hanya sekadar program, karena ini adalah produk peraturan pemerintah dan wajib dilaksanakan oleh semua lembaga terkait.

Pemerintah harus menyosialisasikan OSS. Hal ini penting karena dalam implementasi nanti masyarakat akan menggunakan sistem, dan tidak semua orang paham akan sistem yang baru tersebut.

OSS adalah istilah lain dari pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Sesuai dengan namanya, OSS akan mempermudah proses perizinan dari yang telah diterapkan selama ini dan dapat dilakukan di mana saja karena sudah terhubung antara pusat dengan daerah.

(T.KR-NCY/B/I007/I007) 12-07-2018 12:34:13

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024