Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara meminta Dinas Pertanian (Distan) melakukan verifikasi secara benar kelompok yang akan menerima bantuan.

"Kami meminta agar dinas pertanian dapat melakukan verifikasi secara benar para kelompok tani, khususnya yang akan menerima bantuan," kata Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara Sammy Pongilatan di Ratahan, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini ada sejumlah kelompok tani yang dibentuk hanya karena mengejar bantuan dari pemerintah.

"Ada laporan soal kelompok tani yang hanya mengejar bantuan, namun dalam prakteknya tidak melaksanakan kegiatan pertanian," ujarnya.

Selain itu ia menegaskan bagi ada kelompok-kelompok yang menyalahgunakan bantuan dari pertanian tersebut wajib diberikan sanksi tegas.

"Kalau perlu laporkan ke pihak hukum jika terbukti menyalahgunakan bantuan pertanian," tandasnya.

Sementara itu Kepala Distan Kabupaten Minahasa Tenggara Elly Sangian mengungkapkan pihaknya melakukan pendataan dan verifikasi faktual terhadap kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Kami pastikan serial kelompok yang menerima bantuan dari pemerintah, itu sudah melewati proses verifikasi faktual," ujarnya.

Namun menurut Elly jika didapati adanya penyalahgunaan bantuan tersebut pihaknya akan mengambil sikap tegas dengan melaporkan ke ranah hukum.Budi Suyanto

(T.KR-AIK/B/B008/B008) 11-07-2018 17:39:39

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024