Sangihe, (Antaranews Sulut) - Bupati kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengatakan sebagian petani di Sangihe sudah menikmati hasil tanaman cabai.

"Saat ini sudah ada beberapa kelompok tani di kabupaten Sangihe yang panen cabai," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Selasa.

Menurut Bupati, kabupaten kepulauan Sangihe sebenarnya sangat cocok untuk ditanamani cabai. Hal ini dibuktikan oleh beberapa kelompok tani yang sudah berhasil panen.

"Kelompok tani yang ada di kampung Lelipang kecamatan Tamako dan kecamatan Tahuna Barat telah melaksanakan panen cabai," kata Bupati.

Pemerintah kabupaten, kata Bupati, tetap mendorong masyarakat serta kelompok tani agar memanfaatkan lahan yang ada untuk diolah demi penambah penghasilan keluarga.

"Kami tetap memberikan dorongan agar masyarakat serta kelompok tani memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami cabai dan tanaman lainnya," kata Bupati.

Harga cabai saat ini yang tetap tinggi kiranya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat petani sebagai peluang untuk menambah penghasilan keluarga.

"Tanaman cabai tidak perlu membutuhkan lahan yang besar sehingga harus dikembangkan demi menopang pendapatan keluarga, apalagi harga dipasaran selalu tinggi," kata Bupati.

Dia berharap petani-petani yang ada bisa mengembangkan tanaman cabai demi peningkatan pendapatan keluarga serta untuk mengurangi ketergantungan cabai dari luar daerah.

"Kalau petani di Sangihe bisa mengembangkan tanaman cabai maka sangat bermanfaat untuk menunjang perekonomian keluarga," kata Bupati. (KR-JRL).

(T.KR-JRL/B/M007/C/M007) 10-07-2018 09:16:38

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024