Manado, (Antara) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado menegaskan seluruh perahu maupun kapal harus penuhi standar keselamatan.?

"Semua perahu pengangkut penumpang biasa maupun wisatawan, harus memenuhi standar keselamatan, tidak boleh tidak," kata Kepala KSOP Manado, Stanislaus Wetik, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, jika menemukan ada perahu yang keluar dermaga tidak memenuhi standar pelayaran terutama keselamatan, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

Wetik menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan melarang perahu beroperasi meskipun sudah mengangkut penumpang dan disuruh kembali ke dermaga sampai memenuhi semua standar.

Apalagi menurutnya, wisatawan sedang banyak, maka perahu-perahu harus memenuhi standar, seperti lampu navigasi dan pelampung serta mesin motor yang baik sampai perahu yang bagus agar seluruh penumpang bisa aman dan nyaman.

"Jangan sampai wisatawan yang datang terutama yang asing, merasa tidak nyaman dan mengalami hal yang buruk, karena merusak citra Manado yang sedang naik daun untuk urusan pariwisata," katanya.

Selain mengingatkan agar pengusaha usaha perjalanan wisata mematuhi aturan, Wetik pun mengatakan, sosialisasi digencarkan untuk menyadarkan pengusaha mengutamakan keselamatan penumpang.

Berdasarkan perhitungan satuan tugas khusus (Satgassus) Pariwisata Sulawesi Utara, pada Juli 2018 ini diperkirakan ada sekitar 25 ribu wisatawan baik lokal atau nusantara dan mancanegara yang mengunjungi Manado, karena berbagai acara yang digelar.



(KR-JHB)

(T.KR-JHB/B/E008/E008) 03-07-2018 20:50:48

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024