Manado, (Antaranews Sulut) - Tim Jepang yang sudah unggul 2-0 akhirnya harus kalah dramatis 2-3 dari Belgia pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (3/7) dini hari melalui gol Nacer Chadli di satu menit sebelum waktu perpanjangan babak kedua berakhir.

Belgia mendapat perlawanan sengit dari Jepang di babak pertama. Salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2018 itu tidak mendapat ruang untuk mengembangkan permainan. Permainan disiplin Jepang membuat babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

 Gol pertama Jepang dicetak Genki Haraguchi pada menit ke-48. berawal dari kesalahan Thomas Meunier yang berusaha melakukan kerja sama satu-dua dengan Dries Mertens. Bola berhasil dipotong Yuto Nagatomo dan Jepang pun memulai serangan balik. Bola kemudian diberikan ke Gaku Shibasaki yang melepaskan umpan terobosan ke Haraguchi.

Jepang kemudian menggandakan keunggulan lewat gol Takashi Inui pada menit ke-52, berawal dari  kesalahan lini belakang Belgia yang tidak menutup ruang membuat Inui mencetak gol lewat tendangan jarak jauh dan  bola bersarang di pojok kiri gawang.

Vertonghen mengembalikan harapan Belgia lewat gol sundulan pada menit ke-69. Gol bek Tottenham Hotspur itu sedikit berbau keberuntungan, karena Vertonghen terlihat ingin memberi umpan ke depan dan bola melambun tinggi tanpa terjangkau kiper Jepang..

Belgia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-74. Pemain pengganti Marouane Fellaini menggetarkan gawang Jepang melalui sundulan setelah menerima umpan silang Eden Hazard.

Jepang hampir saja unggul di  injury time babak kedua, beruntung  kiper Belgia  Courtois tidak mampu  melakukan penyelamatan penting ketika memblok tendangan bebas Keisuke Honda. 

Bola hasil sepak pojok berhasil ditangkap Courtois yang kemudian memulai serangan balik. Bola diberikan ke Kevin De Bruyne yang kemudian mengumpan ke Meunier di sisi kanan. Bek PSG itu kemudian mengirim umpan silang, bola dibiarkan lewat oleh Lukaku dan Nacer Chadli mencetak gol lewat kaki kiri pada menit ke-90+4.

Susunan pemain

Belgia : Thibaut Courtois; Thomas Meunier, Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Yannick Carrasco (Nacer Chadli, 65'); Kevin De Bruyne, Alex Witsel; Dries Mertens (Marouane Fellaini, 65'), Romelu Lukaku, Eden Hazard.

 Jepang : Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi, 81'); Genki Haraguchi (Keisuke Honda, 81'), Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako. 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024