Sitaro, (Antaranews Sulut) - Hasil penghitungan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), menempatkan pasangan Evangelian Sasingen-John Palandung, dari PDIP unggul sementara dari tiga kandidat lainnya. 

     "Hasil perhitungan sementara sampai malam ini, pasangan calon usungan PDIP Evanglian Sasingen-John Palandung atau Yes-Jo, unggul lawan-lawannya," kata Ketua Tim Pemenangan Djibton Tamudia, di Ulu, Rabu. 

     Dia mengatakan, data hasil perhitungan tim pemenangan dari dari sekitar 60 desa atau kampung yang sudah masuk pasangan nomor empat tersebut mengumpulkan suara sebanyak 14.308 suara.

     Sedangkan nomor urut satu, kata Tamudia mengumpulkan suara 7.932, urut dua 6.574 dan urut tiga 2.016 yang masih akan berubah sampai seluruh suara masuk. 

     Kendati demikian, Tamudia tetap mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil perhitungan resmi dari PPK dan KPU, baru bisa menyatakan diri sebagai pemenang Pilkada karena memang itu adalah hak KPU untuk mengumumkan. 

     Dia mengakui di salah satu kecamatan di Siau Timur Selatan, pasangan tersebut unggul telak dengan meninggalkan saingan lainnya dengan perolehan suara diatas 2.000 meninggalkan lawan-lawannya dengan suara sekitar 1.000 sampai 1.200.  

     Tamudia juga mengatakan, meskipun sudah unggul dengan jumlah suara diatas 10 ribu, tetapi pihaknya tetap melarang aksi-aksi berlebihan dalam memaknai kemenangan. 
     "Kami melarang konvoi supaya suasana tetap kondusif karena yang penting adalah suksesnya Pilkada merupakan kesuksesan semua masyarakat bukan hanya partai pemenang tetapi Sitaro secara keseluruhan," katanya. ***2*** 
        
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024