Sitaro, 27/6 (Antaranews Sulut) - Kapolres Sangihe, AKBP. Sudung Napitulu, minta agar para pendukung pasangan bupati dan wakil bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), tidak lakukan arak-arakan kemenangan. 

"Kami mohon kerja sama dari masing-masing calon untuk tetap mendukung suasana yang aman dan kondusif pasca pemungutan dan penghitungan suara," kata Napitulu, di Ondong, Siau, Rabu. 

Dia mengatakan, kemungkinan setelah penghitungan suara, akan ada euforia kemenangan yang ditunjukan dengan cara arak-arakan atau pawai-pawai dengan kendaraan bermotor, itulah yang diminta untuk tidak dilakukan. 
     
"Kami mengimbau agar tidak ada konvoi baik jalan kaki atau kendaraan bermotor supaya kondisi keamanan tetap terjamin dan kondusif di Sitaro," kata Napitupulu. 
     
Bukan hanya itu, Napitupulu juga minta agar para pendukung tidak berkumpul-kumpul melakukan kegiatan atau menggelar peserta musik dengan menutup jalan, karena akan mengganggu ketertiban umum. 
     
Dia mengatakan, selain mengimbau agar masyarakat para pendukung pasangan calon untuk patuh pada aturan, aparat keamanan tetap berjaga untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh masyarakat Sitaro. 
   
Sebab menurutnya, menjadi kewajiban aparat kepolisian untuk menjaga keamanan di Pilkada, maka aparat terus berjaga di titik-titik tertentu untuk menjaga keamanan di Sitaro. 
     
Pilkada di Sitaro diikuti oleh empat pasangan calon tiga utusan partai politik dan satu independen, dengan jumlah pemilih 53.054 orang yang terdaftar dalam DPT yang menyalurkan hak pilihnya di 183 TPS yang tersebar di 10 kecamatan. ***2***  
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024